Berita Pemprov Kalimantan Utara

776 Calon Haji Kaltara Akan Diberangkatkan dalam Dua Kloter, 3 dan 5 Agustus 2019

Itu terdiri 417 kuota reguler dan 359 kuota haji tambahan. Mereka akan diberangkatkan dalam dua kelompok terbang (Kloter), kloter 14 dan 15.

776 Calon Haji Kaltara Akan Diberangkatkan dalam Dua Kloter, 3 dan 5 Agustus 2019
HUMASPROV KALTARA
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Utara H Suriansyah menjadi narasumber Panggilan ke Baitullah di Respons Kaltara (ResKal) edisi ke-48, Tanjung Selor, Selasa (16/7/2019). 

TANJUNG SELOR - Panggilan ke Baitullah. Demikian tema Respons Kaltara (ResKal) edisi ke-48 yang digelar Selasa (16/7/2019) pagi.

Narasumber pada perhelatannya minggu ini, adalah Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Utara H Suriansyah. Hadir pula calon haji (calhaj) termuda dari Bumi Benuanta—sebutan Provinsi Kaltara, Dandi, 20 tahun dari Tanjung Selor, Bulungan. Juga, H Thamrin, calhaj tertua dari Bulungan yang berusia 73 tahun.

Dalam penjelasannya, H Suriansyah menyebutkan bahwa Calhaj dari Kaltara yang akan diberangkatkan pada musim haji tahun ini, sebanyak 776 orang.

Itu terdiri dari 417 kuota reguler dan 359 kuota haji tambahan. Mereka akan diberangkatkan dalam dua kelompok terbang (Kloter), kloter 14 dan 15.

"Embarkasi pemberangkatannya di Embarkasi Balikpapan, dan diinapkan atau dikarantina sehari di Asrama Haji Batakan, Balikpapan," kata H Suriansyah.

Kloter 14 Kaltara akan menginap selama sehari pada 2 Agustus di Asrama Haji Batakan, dan diberangkatkan pada 3 Agustus. Menyusul, Kloter 15 yang akan dikarantina pada 4 Agustus, lalu diberangkatkan pada 5 Agustus menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

"Setiap kloter akan dipimpin oleh ketua kloter, 3 TPHD (Tim Pendamping Haji Daerah), 1 orang TPIH (Tim Pembimbing Ibadah Haji), pelayanan umum dan kesehatan," jelas H Suriansyah.

Adapun jumlah total jamaah haji pada Kloter 14 sebanyak 450 orang, dan Kloter 15 sebanyak 326 orang. Kloter 14, berasal dari calon haji Kabupaten Bulungan, Malinau, Tana Tidung dan Kota Tarakan. Sementara Kloter 15, berasal dari Nunukan dan Kota Tarakan.

Grafis Pemberangkatan Jamaah Haji 2019 Asal Kaltara
Grafis Pemberangkatan Jamaah Haji 2019 Asal Kaltara (HUMASPROV KALTARA)

"Pemberangkatan jamaah haji Kloter 15, bersamaan dengan jamaah haji dari Kaltim sebanyak 111 orang," urainya.

Pada musim haji kali ini, cuaca di Tanah Suci Mekkah dan sekitarnya mencapai 42 hingga 43 Derajat Celcius. Untuk itu, H Suriansyah mengimbau agar setiap calon haji untuk mempersiapkan fisik secara matang dengan sering berolahraga.

Halaman
12
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved