BPJS Kenaker Adakan FGD dengan Perusahaan Jasa Konstruksi dan OPD di Hotel Jatra. Ini Tujuannya

Tujuan dari kegiatan ini terkait pelaksanaan ulang BPJS ketenagakerjaan khusus jasa konstruksi. Sekaligus memberikan jaminan keselamatan

BPJS Kenaker Adakan FGD dengan Perusahaan Jasa Konstruksi dan OPD di Hotel Jatra. Ini Tujuannya
TRIBUN KALTIM/JINO PRAYUDI KARTONO
BPJS Ketenagakerjaan kota Balikpapan adakan FGD di Grand Jatra Hotel Balikpapan lantai 10, Rabu (17/7/2019). 

TRIBUN KALTIM.CO, BALIKPAPAN - BPJS Ketenagakerjaan kota Balikpapan mengadakan kegiatan bertajuk Forum Group Discussion tentang Pelaksanaan dan Monitoring Jasa Konstruksi Antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Balikpapan, Rabu (17/7/2019).

Kegiatan yang berlangsung di ballroom Grand Jatra Hotel Balikpapan lantai sepuluh ini membahas tentang pelaksanaan fungsi BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Balikpapan Kusumo mengatakan kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada para pelaku usaha konstruksi di kota Balikpapan.

Tujuannya untuk memberikan informasi dan kepedulian kepada para pengusaha konstruksi dalam memberikan perlindungan pekerjaan kepada karyawannya.

"Tujuan dari kegiatan ini terkait pelaksanaan ulang BPJS ketenagakerjaan khusus jasa konstruksi. Sekaligus memberikan jaminan keselamatan kepada para pekerja yang ikut dalam kegiatan konstruksi," kata Kusumo.

Dalam forum discussion ini turut menghadirkan beberapa SKPD. Seperti perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan yang diwakili Sekretaris Dinas Raffiuddin. Kemudian kepala Dinas Tenaga Kerja kota Balikpapan Tirta Dewi memberikan sosialisasi terhadap keselamatan kerja.

Lalu untuk para perusahaan konstruksi untuk mendaftarkan jasa konstruksi bisa melalui cara online dengan menggunakan aplikasi bernama e-Jakon.

Cara untuk mendaftarkan diri jadi peserta yaitu Pemborong bangunan (kontraktor) mengisi  Formulir  pendaftaran kepesertaan Jasa Konstruksi yang bisa diambil pada kantor BPJS Ketenagakerjaan setempat sekurang - kurangnya 1 (satu) minggu sebelum memulai pekerjaan.

BPJS Ketenagakerjaan kota Balikpapan adakan FGD di Grand Jatra Hotel Balikpapan lantai 10, Rabu (17/7/2019).
BPJS Ketenagakerjaan kota Balikpapan adakan FGD di Grand Jatra Hotel Balikpapan lantai 10, Rabu (17/7/2019). (TRIBUN KALTIM/JINO PRAYUDI KARTONO)

Formulir-formulir tersebut harus dilampiri dengan Surat Perintah Kerja (SPK) atau Surat Perjanjian Pemborong (SPP). Iuran Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian ditanggung sepenuhnya oleh kontraktor dan besarannya ditetapkan sebagai berikut:

Nilai Kontrak Kerja Konstruksi yang dipergunakan sebagai dasar perhitungan iuran tidak termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10%. (jnp)

Halaman
12
Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved