Otomotif

Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun Kena OTT KPK, Pernah Pamer Pakai Motor Sport, Intip Video Ini

Mulai dari motor sport sampai supermoto, dikendarai Nurdin Basirun dan diunggah di akun Instagram resmi Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun.

Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun Kena OTT KPK, Pernah Pamer Pakai Motor Sport, Intip Video Ini
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun (kiri) dikawal petugas tiba di gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Jakarta, Kamis (11/7/2019). KPK membawa tujuh orang yang salah satunya Gubernur Kepri Nurdin Basirun terkait izin lokasi rencana reklamasi di Kepulauan Riau. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Beberapa hari lalu, tepatnya pada Rabu (10/7/2019), Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK.

Nah, Nurdin Basirun ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan suap terkait izin prinsip reklamasi.

Selain Nurdin Basirun, KPK juga menangkap 3 orang lainnya.

Ketiganya adalah Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Edy Sofyan, Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP Budi Hartono, serta pihak swasta bernama Abu Bakar.

Dalam kasus ini, Nurdin diduga menerima suap secara bertahap dari Abu Bakar dengan total 11.000 dollar Singapura dan Rp 45 juta.

Uang itu diberikan lewat Edy dan Budi. Pada Mei 2019, Abu Bakar mengajukan izin pemanfaatan laut untuk melakukan reklamasi di Tanjung Piayu demi pembangunan resor dan kawasan wisata seluas 10,2 hektar.

Padahal, Tanjung Piayu merupakan area yang diperuntukkan sebagai kawasan budidaya dan hutan lindung.

Nurdin selaku Gubernur Kepulauan Riau, memerintahkan Edy Sofyan dan Budi Hartono membantu Abu Bakar agar izin yang diajukan disetujui.

Untuk mengakali hal tersebut Budi memberitahu Abu Bakar, supaya izinnya disetujui, ia harus menyebutkan akan membangun restoran dengan keramba sebagai budidaya ikan di bagian bawahnya.

Upaya ini dilakukan agar seolah-olah terlihat seperti fasilitas budidaya.

Halaman
123
Editor: Budi Susilo
Sumber: Gridmotor.id
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved