Hari Pertama Sekolah, SMP Swasta di Daerah Ini Hanya Dihuni 2 Siswa Baru

Hanya ada satu pegawai berkaus oblong di halaman sekolah tiga tingkat itu.

Hari Pertama Sekolah, SMP Swasta di Daerah Ini Hanya Dihuni 2 Siswa Baru
TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN
ILUSTRASI - Calon siswa mengisi daftar pengambilan surat keterangan bebas bebas narkoba usai tes urine di Kantor BNN Kota Balikpapan, Kamis (11/7/2019). Sejumlah calon siswa SMP dan SMA melaksanakan tes urine untuk mendapatkan surat keterangan bebas narkoba sebagai salah satu syarat yang diserahkan pada proses daftar ulang di sekolah. 

TRIBUNKALTIM.CO, BEKASI - Umumnya, hari pertama sekolah diwarnai oleh keriuhan Siswa-siswi baru yang datang bersama orangtua mereka.

Namun, pemandangan semacam itu tak terlihat di salah satu SMP swasta di daerah Bekasi Selatan.

Kontras dengan keramaian di sekolah luar biasa yang berjarak tak sampai 200 meter, SMP ini tampak lengang. Kompas.com berkunjung ke SMP swasta tersebut pada Senin (15/7/2019) sekitar pukul 09.00 WIB.

Hanya ada satu pegawai berkaus oblong di halaman sekolah tiga tingkat itu. Terdengar lantunan mengentak mars kebanggaan sekolah yang berasal dari salah satu kelas di lantai dasar.

"Seperti yang bisa dilihat sendirilah, ya begini sepi. Siswanya sedikit," ujar Wakil Kepala SMP tersebut.

Dia mewanti-wanti agar nama SMP swasta yang sudah berdiri lebih dari 30 tahun ini tak dicantumkan, baik dalam tulisan maupun visual.

SMP swasta ini baru saja menorehkan catatan terendah jumlah siswa yang diterima dalam satu tahun ajaran. 

"Dua orang," katanya ketika ditanya mengenai jumlah siswa baru yang diterima di sini.

"Memang sudah berapa tahun ini sepi," kata dia. Hanya dua siswa yang masuk ke SMP swasta tersebut pada tahun ajaran kali ini.

Wakil Kepala SMP itu menyebut, SMP ini merupakan sekolah umum. Sekolah ini bukan sekolah agama dan bukan sekolah untuk anak berkebutuhan khusus.

Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved