Saat Terjadi Gempa, Pengendara Jangan Panik, Ini Yang Harus Dihindari

Jangan sampai pengendara malah menambah kericuhan atau kepanikan saat gempa yang berimbas terjadap risiko kecelakaan lalu lintas.

Saat Terjadi Gempa, Pengendara Jangan Panik,  Ini Yang Harus Dihindari
TRIBUNKALTIM/SITI ZUBAIDAH
Ilustrasi-Saat terjadi gempa maka pengendara jangan panik dan hindari tempat yang berbahaya seperti pohon besar 

 TRIBUNKALTIM.CO-Bencana alam kerap menimpa sejumlah wilayah di Indonesia. Bencana alam seperti gempa seringkali terjadi dan terjadi secara mendadak atau tiba-tiba.

Saat gempa terjadi tak sedikit warga  yang sedang dalam berjalanan menggunakan kendaraan baik sepeda motor maupun mobil. Jangan sampai pengendara malah menambah kericuhan atau kepanikan saat gempa yang berimbas terjadap risiko kecelakaan lalu lintas

Pendiri dan Direktur Pelatih Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, saat gempa terjadi mala pengendara tidak panik karena itu merupakan kunci utama.

Bahkan ia tak mengharapkan pengendara malah memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi, dengan tujuan untuk menghindari tempat berbahaya.

"Tapu perhatian terlebih dahulu kondisi sekeliling terlebih dahulu, agar nantinya bisa mengambil keputusan yang logis," ujarnya. 

Apalagi jika pengendara ikut dalam kepanikan, lanjut Jusri, hanya akan memperkeruh suasana, karena  tidak bisa berfikir panjang dalam mengambil keputusan.

"Untuk itu,  ketika sedang berkendara dan terjadi gempa bumi langsung kurangi laju dengan posisi bersiap untuk berhenti di lokasi yang sekiranya aman.

Karena ketika mobil atau motor dipaksakan jalan, risiko kecelakaan terbuka lebar," kata Sony Susmana, Instruktur Senior Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI).

"Menghentikan mobil atau motor juga lihat dahulu kondisinya seperti apa. Bila tidak memungkinkan seperti jalanan macet, tinggalkan kendaraan dan segera cari jalur evakuasi untuk penyelamatan tanpa panik," lanjutnya.

Bila ingin memarkirkan kendaraan, dihimbau agar menghindari tempat yang memiliki pohon besar, dekat tiang listrik, jembatan, ataupun gedung tinggi.

Halaman
12
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved