Sering Jadi Awal Pertikaian di Jalan, Pahami Cara Menyalip Kendaraan Lain

Namun sering juga terjadi kesalahan atau ketidaktahuan untuk mengambil tindakan terkait mendahului dan memberi jalan kendaraan lain

Sering Jadi Awal Pertikaian di Jalan, Pahami Cara Menyalip Kendaraan Lain
TRIBUNKALTIM/BUDISUSILO
Ilustrasi-Kemacetan terkadang pengedara mendahului kendaraan lain menjadi pemicu pertikaian di jalan raya. 

TRIBUNKALTIM.CO-Terkadang para pengendara di jalan seringkali bertikai hanya persoalan sepele. Padahal pertikaian hanya persoalan mendahului kendaraan lain. 

Namun sering juga terjadi kesalahan atau ketidaktahuan untuk mengambil tindakan terkait mendahului dan memberi jalan kendaraan lain,  juga bisa menyebabkan kecelakaan.

Apalagi saat ingin mendahului kendaraan di depan saat jalanan menanjak.

Hal ini sebenarnya sudah dijelaskan dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Terlepas harus melihat kaca spion dan memberi tanda seperti lampu sein sebelum mendahului kendaraan lain, baiknya hal itu dilakukan dari jalur sebelah kanan. Berikut bunyi UU No.22/2009 pasal 109: 

1. Pengemudi Kendaraan Bermotor yang akan melewati Kendaraan lain harus menggunakan lajur atau jalur Jalan sebelah kanan dari Kendaraan yang akan dilewati, mempunyai jarak pandang yang bebas, dan tersedia ruang yang cukup. 

2. Dalam keadaan tertentu, Pengemudi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat menggunakan lajur Jalan sebelah kiri dengan tetap memperhatikan Keamanan dan Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. 

3. Jika Kendaraan yang akan dilewati telah memberi isyarat akan menggunakan lajur atau jalur jalan sebelah kanan, Pengemudi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilarang melewati Kendaraan tersebut.

Pada pasal selanjutnya, dijelaskan bahwa pengemudi yang berpapasan dengan kendaraan lain dari arah berlawanan pada jalan dua arah yang tidak

dipisahkan secara jelas, wajib memberikan ruang gerak yang cukup di sebelah kanan Kendaraan.  Jka pengemudi tadi terhalang oleh suatu rintangan atau pengguna jalan lain di depannya wajib mendahulukan Kendaraan yang datang dari arah berlawanan.

Halaman
12
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved