Tagih Janji Pemekaran Kabupaten Apau Kayan, Presidium Usul Audiensi dengan Presiden

Ibau Ala mengatakan, perlu dilakukan kembali beberapa langkah-langkah strategis, salah satunya beraudiensi dengan pemerintah dan DPR RI

Tagih Janji Pemekaran Kabupaten Apau Kayan, Presidium Usul Audiensi dengan Presiden
TribunKaltim.Co/Muhammad Arfan
Presidium pemekaran DOB Kabupaten Apau Kayan, Ibau Ala 

 TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Lama tak terdengar gaung rencana calon Daerah Otonomi Baru (DOB) di Tanah Air, Presidium pemekaran DOB Kabupaten Apau Kayan, Ibau Ala membuka suara.

Ibau Ala mengatakan, perlu dilakukan kembali beberapa langkah-langkah strategis, salah satunya beraudiensi dengan pemerintah dan DPR RI untuk mempertajam kembali, maksud pemekaran DOB di wilayah perbatasan negara di Kalimantan Utara.

"Audiensi perlu kita lakukan. Mudah-mudahan bisa dilakukan setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih dan anggota DPR RI," kata Ibau Ala kepada Tribunkaltim.co, Rabu (17/7/2019).

Audiensi ke Presiden dan DPR RI  kata Ibau Ala,  harus bersama dengan gubernur, kepala daerah atau bupati kabupaten induk, bersama presidium DOB lainnya di Kalimantan Utara,

yakni Presidium Kota Tanjung Selor, Presidium Kota Sebatik, Presidium Kabupaten Krayan, dan Presidium Kabupaten Bumi Dayak Perbatasan.

Masyarakat perbatasan khususnya wilayah Apau Kayan sangat menantikan kehadiran sebuah daerah otonom sendiri agar pelayanan publik, pembangunan, dan penyenggaraan pemerintahan lebih mudah dan efektif.

"Masyarakat terus menunggu kabar terealisasinya DOB ini. Dan termasuk menagih janji pemerintah (pusat) saat Mendagri berkunjung ke Apau Kayan tahun 2015 yang lalu," sebutnya.

Syarat administrasi dan syarat kewilayahan DOB Apau Kayan semuanya sudah telah tuntas. Bahkan sudah sempat dipaparkan di DPR RI dan Kementerian Dalam Negeri dalam beberapa kesempatan bersama Gubernur dan Presidium DOB lainnya di Kalimantan Utara.

"Kami juga menggalang presidium lain yang tergabung dalam Forkonas PPDOBSI (Forum Komunikasi Nasional Percepatan Pemekaran DOB se-Indonesia) untuk sama-sama kita terus mendorong," ujarnya.

Calon DOB Kabupaten Apau Kayan saat ini dalam wilayah administratif Kabupaten Malinau. Apau Kayan bakal melingkupi empat kecamatan masing-masing Kayan Hilir, Kayan Hulu, Kayan Selatan, dan Sungai Boh.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved