Komnas HAM Nilai 6 Kasus yang Diungkap TGPF Jadi Pintu Masuk Polri Selesaikan Kasus Novel Baswedan

Komnas HAM meminta Polri mendalami 6 kasus yang ditangani Penyidik KPK Novel Baswedan, sebagai pintu masuk ungkap kasus penyiraman air keras

Komnas HAM Nilai 6 Kasus yang Diungkap TGPF Jadi Pintu Masuk Polri Selesaikan Kasus Novel Baswedan
Dok KPK
Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan menjalani pemeriksaan usai penyerangan terhadap dirinya, Jakarta, Rabu (25/10/2017). 

TRIBUNKALTIM.CO - Komnas HAM Nilai 6 Kasus yang Diungkap TGPF Bisa Jadi Pintu Masuk Polri Selesaikan Kasus Novel Baswedan.

Diketahui, TGPF mengungkap ada 6 kasus yang ditangani Penyidik KPK Novel Baswedan yang berpotensi memicu aksi balas dendam.

Menurut Komnas HAM, 6 kasus itu jadi pintu masuk bagi Polri untuk mendalami insiden penyiraman air keras ke wajah Penyidik KPK, Novel Baswedan.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atau Komnas HAM meminta Polri mendalami enam kasus high-profile yang diduga menjadi penyebab serangan terhadap Penyidik KPK Novel Baswedan.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan, enam kasus tersebut merupakan pintu masuk bagi Polri untuk mengungkap pelaku penyerangan Novel.

"Kan dikatakan bahwa ada probabilitas peran dari enam kasus high-profile yang ditangani oleh Saudara Novel.

Itulah yang akan ditindaklanjuti oleh tim penyidik itu nanti dalam rangka mencari pelakunya," kata Taufan kepada Kompas.com, Kamis (18/7/2019).

Taufan menduga, TGPF bentukan Polri sudah mengantongi nama-nama yang diduga terlibat dalam penyerangan Novel.

Namun, menurut Taufan, hal itu masih berupa praduga yang harus dibuktikan lewat proses penyidikan.

Taufan menuturkan, TGPF juga tak bisa menentukan nama pelaku penyerangan Novel karena tidak mempunyai kewenangan dalam penyidikan secara penuh.

Halaman
1234
Editor: Rafan Arif Dwinanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved