Mobil Ingin Tetap Awet, Tetap Rutin Ganti Oli Meski Jarang Digunakan

Nah, kondisi seperti ini banyak pemilik mobil lantas beranggapan bila jarang digunakan otomatis akan membuat umur pakai komponen lebih awet.

Mobil Ingin Tetap Awet, Tetap Rutin Ganti Oli Meski  Jarang Digunakan
TribunKaltim.Co/HO
Ilustrasi-Ganti oli mobil merupakan hal yang rutin harus dilakukan 

TRIBUNKALTIM.CO-Banyak pemilik mobil pribadi memilih untuk menggunakan moda transportasi umum saat melakukan aktifitas atau berangkat kerja.

Sementara mobil mereka hanya digunakan pada saat kegiatan tertentu seperti akhir pekan.

Bahkan mereka tak gunakan untuk melakukan aktifitas setiap hari. Sehingga mobil mereka hanya sering menganggur di garasi rumah karena jarang digunakan. 

Hal ini juga berimbat terhadap  jarak tempuh kendaraan juga cenderung lebih kecil bila dibandingkan mobil yang selalu digunakan.

Nah, kondisi seperti ini banyak pemilik mobil lantas beranggapan bila jarang digunakan otomatis akan membuat umur pakai komponen lebih awet.

Salah satunya seperti pergantiaan oli mesin yang dianggap bisa lebih lama karena jarak tempuh pergantiannya belum tercapai.

Sayangnya anggapan tersebut tidak dibenarkan oleh Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso Suparman.

Menurut dia, oli memiliki masa pakai yang bukan hanya tergantung pada jarak tempuh kendaraan saja, tapi juga waktu.

"Meski jarang digunakan dan angka kilometer belum menunjukkan ketentuan untuk mengganti, tapi bila waktunya sudah harus ganti yang tetap ganti.

Jadi meski mobil jarang digunakan tapi masa waktu pemakaian komponen sudah habis, ya harus dilakukan pergantian," kata Suparman

Halaman
123
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved