Pengelolaan BUMDes di Kutai Kartanegara Bukukan Penghasilan Kotor Rp 947 Juta, Begini Rahasianya

Artinya dalam waktu 4 tahun, penghasilan BUMDes Muara Enggelam hampir menyentuh angka Rp 1 miliar.

TRIBUNKALTIM. CO, TENGGARONG - Kali ini BUMDes di Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur diklaim sudah berjalan mampu bukukan penghasilan kotor capai ratusan juta rupiah. 

Nah, BUMDes Bersinar Desaku di Muara Enggelam, Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara atau Kukar, Provinsi Kalimantan Timur masuk nominasi 3 besar BUMDes terbaik tingkat Provinsi Kalimantan Timur untuk kategori Inovasi.

Kali ini BUMDes Bersinar Desaku bersaing ketat dengan BUMDes Kemang, Desa Juaq Asa, Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat.

Dan BUMDes Wahana Karya Sejahtera, Desa Jemparing, Kecamatan Long Ikis, Kabupaten Paser.

"Tim dari provinsi sudah melakukan penilaian lapangan kemarin," Kata Ramsyah, Ketua BUMDes Bersinar Desaku Kabupaten Kukar kepada Tribunkaltim.co pada Kamis (18/7/2019).

Ia menerangkan, dari pengelolaan BUMDes dengan 6 unit usaha mulai Maret 2015 hingga Juni 2019 diperoleh penghasilan kotor senilai Rp 947 juta. Pengelolaan BUMDes yang luar biasa. 

Artinya dalam waktu 4 tahun, penghasilan BUMDes Muara Enggelam hampir menyentuh angka Rp 1 miliar.

"Rata-rata penghasilan BUMDes mencapai Rp 200 juta per tahun," ujarnya.

Sementara itu beberapa catatan perbaikan disampaikan tim penilai provinsi untuk BUMDes Bersinar Desaku.

Rekomendasinya, administrasi harus bagus, termasuk pelaporan keuangannya.

Panel surya menjadi bagian dari perangkat PLTS untuk memenuhi kebutuhan listrik di Desa Muara Enggelam. PLTS ini dikelola oleh BUMDes Bersinar Desaku yang memiliki penghasilan kotor mencapai Rp 947 juta mulai Maret 2015 sampai Juni 2019.
Panel surya menjadi bagian dari perangkat PLTS untuk memenuhi kebutuhan listrik di Desa Muara Enggelam. PLTS ini dikelola oleh BUMDes Bersinar Desaku yang memiliki penghasilan kotor mencapai Rp 947 juta mulai Maret 2015 sampai Juni 2019. (TribunKaltim.Co/Rahmad Taufik)
Halaman
1234
Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved