Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Upaya Tingkatkan Kapasitas Petani Nelayan, Kukar Kirim Peserta Peda KTNA X ke Berau

Asisten II Sekretariat Kabupaten Kutai Kartanegara H Sukhrawardy melepas kontingen Kukar untuk mengikuti Pekan Daerah (Peda) XKTNA

Upaya Tingkatkan Kapasitas Petani Nelayan, Kukar Kirim Peserta Peda KTNA X ke Berau
HUMASKAB KUKAR
Ketua TP PKK Kutai Kartanegara Maslinawati Edi Damansyah memukul gong tanda pelepasan peserta Peda KTNA Kukar ke Berau di Grand Elty Singgasana, Selasa (16/7/2019). Ia didampingi Asisten II Sukhrawardy dan Kadis Pertanian dan Peternakan Kukar Sutikno. 

TENGGARONG - Asisten II Sekretariat Kabupaten Kutai Kartanegara H Sukhrawardy melepas kontingen Kukar untuk mengikuti Pekan Daerah (Peda) X Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun 2019 yang akan berlangsung di Kabupaten Berau, 20 sampai 25 Juli 2019.

Acara pelepasan kontingen Kukar yang juga dirangkai dengan pembekalan pengetahuan tersebut, dilaksanakan di Grand Elty Singgasana Tenggarong, Selasa (16/7/2019) malam.

Sukhrawardy menyampaikan bahwa Peda X KTNA Kaltim merupakan forum pertemuan para kontak tani nelayan sebagai media konsolidasi, komunikasi dan informasi kontak tani (pelaku utama) dengan pemerintah dan seluruh stakeholder (pelaku usaha).

Melalui kegiatan Peda itu diharapkan dapat memberikan manfaat antara lain, sebagai sarana konsolidasi organisasi KTNA di tingkat provinsi Kaltim dan sebagai sarana membangun komunikasi organisasi KTNA dengan seluruh stakeholder.

Kemudian sebagai sarana transfer informasi, teknologi, fasilitasi kemitraan dan jejaring agribisnis para kontak tani. Juga sebagai media fasilitasi kegiatan ekonomi dan kemitraan usaha.

"Serta sebagai sarana untuk meningkatkan kerjasama antara kontak tani, pemerintah dan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan dalam arti luas," ujarnya saat membacakan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah.

Mengingat pentingnya forum Peda X KTNA Tingkat Provinsi Kalimantan Timur, untuk itu Bupati meminta kepada seluruh peserta yang akan mengikuti kegiatan itu, agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, sehingga apa yang diperoleh pada kegiatan itu baik pengetahuan maupun keterampilan termasuk akses kerjasama bisnis, dapat meningkatkan percepatan pembangunan pertanian dalam arti luas di Kukar, yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan.

Selanjutnya, Pemkab Kukar berharap melalui Peda X KTNA Kaltim 2019 di Kabupaten Berau, dapat menjadi ajang pembelajaran untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi petani dan nelayan Kukar.

"Berbagai informasi dan pengalaman yang diperoleh kami harapkan dapat diterapkan dan dikembangkan, serta ditularkan kepada petani dan nelayan yang lain yang kebetulan belum sempat mengikuti kegiatan tersebut. Jadi peserta harus melakukan ATM, yaitu Amati, Tiru dan Modifikasi," ujarnya.

Kemudian Sukhrawardi berpesan agar peserta dari Kukar selama mengikuti kegiatan tersebut dapat menjaga nama baik, serta dapat mengharumkan Kukar dalam berbagai even yang diikuti.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar Sutikno melaporkan bahwa kontingen Kukar untuk mengikuti Peda X KTNA Kaltim berjumlah 250 orang, terdiri dari peserta utama, serta para Camat se Kukar dan Ketua PKK Kecamatan se Kukar.

Peda KTNA merupakan agenda rutin dalam rangka persiapan Pekan Nasional (Penas) KTNA XVI Tahun 2020 yang akan berlangsung di Provinsi Sumatera Barat.

Pelepasan peserta Peda KTNA Kukar ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua TP PKK Kukar Maslianawati Edi Damansyah, didampingi H Asisten II Sukhrawardy dan Kadis Pertanian dan Peternakan Sutikno. (medsi09)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved