Dubes Seychelles: Kami Bantu Bangun Branding Maratua, Bukan Franchise

Untuk kesekian kalinya, Duta Besar Republic Seychelles, Rico Barito berkunjung ke Kabupaten Berau dan akan bahas wisata Pulau Maratua,

Dubes Seychelles: Kami Bantu Bangun Branding Maratua, Bukan Franchise
TribunKaltim.CO/Geafry Necolsen
Duta Besar Republic Seychelles, Rico Barito berkunjung ke Kabupaten Berau. Kedatangan Rico Barito untuk memantabkan kerjasama di bidang pariwisata, khsusunya pengelolaan Pulau Maratua. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB – Untuk kesekian kalinya, Duta Besar Republic Seychelles, Rico Barito berkunjung ke Kabupaten Berau.

Kedatangannya kali ini untuk membahas pengembangan wisata Pulau Maratua, menjadi salah satu destinasi wisata kelas dunia, seperti di negaranya.

“Kami datang untuk membantu pemerintah mengembangkan wisata yang berkelanjutan. Namanya juga bantuan, pasti mengeluarkan biaya. Tapi kami tidak pernah datang dengan membawa uang (tunai),

bantuan yang kami berikan dengan membangun branding Maratua di tingkat internasional, bukan franchise (waralaba),” kata Nico menjawab pertanyaan Tribunkaltim.co, Jumat (19/7/2019).

Selain membangun brand imgae Pulau Maratua, pihaknya juga akan memberikan bantuan berupa kunjungan atau studi banding ke negaranya, pelatihan kepada warga setempat.

“Sehingga nanti, masyarakat di Pulau Maratua tidak hanya menjadi penonton, tidak hanya jadi pekerja, tetapi bisa memiliki usaha untuk kelangsungan hidupnya,” tegasnya.

“Kalau wisata hanya untuk kapitalis, apa keuntungan masyarakat? Pulau kecil kalau dibiarkan dan dikelola kapitalis, yang dirugikan siapa? Di negara kami, pengelolaan yang mengacu dengan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat,” imbuhnya.

Menurut Nico, yang sudah beberapa kali mengunjungi Pulau Maratua, pulau ini harus bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata khusus.

“Indonesia punya banyak pulau, tapi pulau-pulaunya banyak yang terlupakan. Kalau dikembangkan dengan cara tidak profesional kan sayang,” ujarnya.

Setelah melakukan kunjungan ke Maratua, Bupati Berau, Muharram juga sempat melakukan kunjungan balik ke Seychelles, keduanya sepakat untuk meniru konsep pengembangan wisata di Afrika itu.

Halaman
12
Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved