Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Pertanian Prediksi Kebutuhan Hewan Kurban Meningkat

Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) memprediksi, kebutuhan hewan kurban untuk tahun 2019 meningkat.

Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Pertanian Prediksi Kebutuhan Hewan Kurban Meningkat
TribunKaltim.CO/Heriani Am
drh Arif Murdiyatno, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten PPU 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) memprediksi, kebutuhan hewan kurban untuk tahun 2019 meningkat. Hal ini didasari dari  permintaan masyarakat akan daging sapi menjelang hari-hari besar  khususnya hari raya Idul Adha.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian Kabupaten PPU, drh Arief Murdiyatno, memperkirakan, kebutuhan hewan kurban Idul Adha 2019 lebih kurang 800 ekor, mengingat tahun lalu, ada sekitar 600 ekor sapi yang disembelih di wilayah PPU.

"Tahun ini prediksi kebutuhannya dengan meningkatkan suplai sekitar 800 ekor," katanya, Jumat (18/7/2019).

Alasan meningkatkan supply, tidak lain karena diprediksi  masyarakat yang tahun lalu belum berkurban, akan melaksanakan ibadahnya tahun ini.

Ia mengatakan, masyarakat yang keluarganya menunaikan ibadah haji, biasanya ikut berkurban, juga masyarakat yang memang menabung bersama jauh-jauh hari untuk membeli hewan kurban.

"Kita tengarai di masyarakat sudah banyak yang iuran untuk membeli hewan kurban," tambahnya

Suplai  hewan untuk Kabupaten PPU ada yang menggunakan sapi lokal ternakan petani, namun juga masih banyak mendatangkan dari luar Kalimantan Timur, sepeti dari NTT, NTB, Jawa dan Sulawesi Selatan.

Pedagang yang menjual sapi berasal dari luar Kalimantan Timur, lanjut Arief, biasanya merupakan pedagang musiman.

Faktanya, Kabupaten PPU memiliki ternakan sapi yang sebetulnya cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, bahkan bisa dipasarkan keluar daerah. Ternakan tersebut berada di Kecamatan Waru, milik swasta yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten PPU.

Namun, khusus untuk hewan kurban, jenis-jenis sapi tentu berbeda disetiap masyarakat. Sapi yang diternakkan di Kecamatan Waru tersebut, berjenis brahman cross yang diimpor dari Australia.

Halaman
12
Penulis: Heriani AM
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved