Prakiraan Cuaca BMKG Hingga Minggu (21/7/2019), Sejumlah Daerah Ini Berpotensi Cuaca Ekstrem

Prakiraan Cuaca BMKG untuk seluruh wilayah Indonesia, beberapa daerah termasuk kaltim berpotensi hujan lebat dan ada pula yang alami cuaca ekstrem

Prakiraan Cuaca BMKG Hingga Minggu (21/7/2019), Sejumlah Daerah Ini Berpotensi Cuaca Ekstrem
David Rankin via EPOD.usra.edu
Ilustrasi - Cuaca ekstrem 

TRIBUNKALTIM.CO - Prakiraan Cuaca BMKG Seluruh Daerah Indonesia, Hingga Minggu (21/7/2019), Kaltim Kebagian Hujan Lebat.

Berikut Prakiraan Cuaca dari BMKG untuk seluruh wilayah Indonesia, beberapa daerah termasuk kaltim berpotensi mengalami hujan lebat dan ada pula yang alami cuaca ekstrem.

Simak berikut daftar wilayah berpotensi cuaca ekstrem, hujan lebat disertai angin kencang, Berlaku 19-21 Juli 2019.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi peringatan dini cuaca ekstrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia mulai Jumat (19/7/2019) hingga Minggu (21/7/2019).

Dikutip Tribunnews.com dari laman resmi bmkg.go.id intrusi massa udara kering dari Belahan Bumi Selatan (BBS) melintasi wilayah Samudera Hindia PerairanBarat Sumatera, Perairan Selatan Jawa, hingga Teluk Carpentaria.

Kondisi tersebut mengurangi kelembaban udara/massa udara basah di lapisan bawah dan menengah sehingga menyebabkan berkurangnya potensi hujan di wilayah yang dilewatinya.

Namun demikian, kondisi tersebut meningkatkan potensi pembentukan awan hujan pada wilayah di depan area intrusi massa udara kering akibat terbentuknya massa udara yangbasah dan lembab di lapisan bawah.

Massa udara basah lapisan rendah terkonsentrasi di Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah dan Selatan, MalukuUtara, Papua Barat dan Papua.

Daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indekslabilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di Sumatera bag Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Papua.

Belokan angin di Sumatera bag Utara,Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat dan Papua.

Halaman
1234
Editor: Rafan Arif Dwinanto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved