Kemenkes Tetapkan RSUD Bontang Turun Kelas ke Tipe C, Ini Kekhawatiran Walikota

Rumah sakit kebanggan masyarakat Bontang ini ditetapkan masuk dalam kategori rumah sakit kelas C

Kemenkes Tetapkan RSUD Bontang Turun Kelas ke Tipe C, Ini Kekhawatiran Walikota
tribun kaltim/margaret sarita
Ruang tunggu RSUD Bontang

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG — Standar kelas RSUD Taman Husada Bontang menurun. Rumah sakit kebanggan masyarakat Bontang ini ditetapkan masuk dalam kategori rumah sakit kelas C atau turun satu tingkat dari sebelumnya.

Penetepan kelas ini menyusul terbitnya hasil rekomendasi penyesuaian kelas rumah sakit hasil review kelas rumah sakit dari Kementerian Kesehatan RI.

“Iya RSUD Bontang memang kelasnya turun ke kelas C dari kelas B,” ujaw Walikota Bontang Neni Moerniaeni kepada wartawan baru-baru ini.

Penuruan kelas ini lantaran adanya standarisasi baru yang diterapkan oleh Kementerian Kesehatan. Salah satunya, setiap rumah sakit tipe B diwajibkan memiliki dokter sub spesialis.

Sedangkan, saat ini dua dokter sub spesialis di RSUD Bontang tengah melanjutkan pendidikan spesialis  “Kita sudah sekolahkan dua dokter kita, satu ambil dokter spesialis onkologi, satunya lagi untuk radio therapy,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Pelayanan RSUD Taman Husada Bontang drg Toetoek Pribadi Ekawati menambahkan, penurunan kelas ini lantara adanya standarisasi baru dari Kemenkes. Bukan karena kualitas layanan medis di rumah sakit.

Pihaknya mengklaim layanan rumah sakit tetap prima. Namun, memang indikator penilaian yang terbaru membuat RSUD Bontang harus turun peringkat.

“Jadi salah kalau ada anggapan karena kualitas layanam kita yang turun, itu murni karena adanya standarisasi baru dari Kemenkes,” ujarnya.

Penurunan peringkat tak hanya berlaku bagi RSUD Bontang saja. Untuk di cakupan rumah sakit di Bontang, RS LNG Badak yang sebelumnya kelas D turun menjadi -D.

Sedangkan untuk skala Kaltim terdapat selain Bontang ada 7 rumah sakit lainnya yg tersebar di Samarinda, Balikpapan, Kutai Kartanegara dan Paser.

Halaman
12
Penulis: Ichwal Setiawan
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved