Kesehatan

Pahit Getir Derita Kanker Kelenjar Getah Bening, Warga Balikpapan Ini Bisa Sembuh 6 Kali Kemoterapi

Perjuangan melawan kanker tenggorokan, biasa orang mengenal sebutan kanker kelenjar getah bening. Penyakit jenis ini menyerang pada sosok Basso.

Pahit Getir Derita Kanker Kelenjar Getah Bening, Warga Balikpapan Ini Bisa Sembuh 6 Kali Kemoterapi
Tribunkaltim.co/Fachmi Rachman
Muhammad Basso penderita kanker tenggorokan atau kelenjar getah bening yang ditemui Tribun Kaltim di Kantor Yayasan Kanker Indonesia atau YKI Cabang Balikpapan, di Jl Jenderal Sudirman, Kecamatan Balikpapan Kota, Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur, Jumat (19/7/2019) siang. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kanker nasofaring atau kanker tenggorokan, biasa orang mengenal sebutan kanker kelenjar getah bening. Penyakit jenis ini menyerang pada sosok Muhammad Basso, warga Kampung Timur, Kelurahan Gunung Samarinda, Kecamatan Balikpapan Utara, Kalimantan Timur.

Tak menyangka getang bening datang saat di usianya senjanya, pria asal Madiun ini harus berjuang melawan penyakit kanker tenggorokan di Balikpapan.

Muhammad Basso pun harus menerima cobaan menderita kanker tenggorokan tersebut secara lapang dada.

Ditemui di Kantor Sekretariat Yayasan Kanker Indonesia atau YKI wilayah Balikpapan, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Balikpapan Kota, Muhammad Basso menceritakan kisahnya, Jumat (20/7/2019). 

"Awalnya saya tidak tahu kalau kanker tenggorokan, bahu saya tiba-tiba bengkak, dan sangat nyerih. Seingat saya, kejadian itu setahun yang lalu," kata Muhammad Basso dengan nada serak kepada Tribunkaltim.co

Pria paruh baya ini mengatakan, bahwa dirinya pernah melawan kanker tenggorokan dan dinyatakan sembuh dengan enam kali proses kemoterapi.

Walau berdampak pada rambutnya yang menipis, dia tetap berusaha dan terus berjuang tak kenal menyerah untuk sembuh dari penyakit kanker tenggorokan yang istilah lain populer disebut kelenjar getah bening

Basso berkeyakinan penuh bisa atasi, sekuat tenaga dirinya merasa untuk selalu sehat, demi bisa dinyatakan sehat, Basso berusaha berobat dan yakin bisa diatasi, kanker tenggorokan yang dialaminya bisa hilang. 

Pernah sembuh setahun dengan kemoterapi selama enam kali.

"Setelah itu saya merasa sehat dan fit, saya kembali beraktivitas seperti biasa, bekerja lagi sebagai tukang bagunan di Kilometer 18 di Karang Joang, Balikpapan Utara," ucapnya lirih.

Halaman
1234
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved