Folder Sangatta Area Percontohan Smart City, Akan Dilengkapi Wifi

Spot tersebut adalah kawasan folder Sangatta, di Jalan Ilham Maulana. Sebagai kawasan terpadu, yang menyatukan kebutuhan lokasi olahraga warga,

Folder Sangatta Area Percontohan Smart City, Akan Dilengkapi Wifi
TribunKaltim.Co/Margaret Sarita
Kawasan folder Sangatta di Jalan Ilham Maulana yang memadukan arena wisata, olahraga, kuliner dan pendidikan 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Kabupaten Kutai Timur bersama 100 daerah lainnya, masuk dalam program Gerakan 100 Smart City yang dicanangkan Menteri Komunikasi dan Informatika RI.

Secara bertahap namun pasti, realisasi menjadi smart city pun terus diupayakan. Satu di antaranya memilih satu spot di Sangatta, untuk menjadi kawasan percontohan smart city di Kutim.

Spot tersebut adalah kawasan folder Sangatta, di Jalan Ilham Maulana. Sebagai kawasan terpadu, yang menyatukan kebutuhan lokasi olahraga warga, sentra kuliner, permainan anak, spot foto, olahraga air dan hiburan, kawasan folder Sangatta, sangat cocok menjadi kawasan percontohan smart city.

“Di area folder nanti, kita akan memasang wifi bagi masyarakat, sehingga memudahkan warga yang mengunduh aplikasi smart city.

Peluncuran kawasan percontohan smart city akan dilakukan dalam waktu dekat, pada HUT Kabupaten Kutai Timur,” ungkap Kepala Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Kutim, Ir Suprihanto CES, Senin (22/7).

 Dengan menjadi kawasan percontohan, Diskominfo Perstik juga telah mengusulkan penataan ulang wilayah tersebut, agar lebih menarik perhatian masyarakat.

Untuk menerapkan konsep smart city, yang terdiri dari smart economy, smart environment dan smart living.

Seperti diketahui, dalam mewujudkan smart city di Kabupaten Kutai Timur, pemerintah melalui Diskominfo Perstik mengimplementasikan master plant yang difokuskan pada program empat links smart city.

Yaitu, Smart Governance, berupa sinergitas antar lembaga pemerintah demi tercapainya layanan publik yang semakin prima. Satu di antaranya adalah penerapan teknologi informasi dan komunikasi.

Integrasi sistem perencanaan dan sistem keuangan, manajemen sistem pelayanan terpadu serta pembayaran PBB secara online.

Halaman
12
Penulis: Margaret Sarita
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved