Gubernur BI Lapor ke Banggar DPR soal Suku Bunga, Morgan Stanley Prediksi Dipangkas hingga 4 Kali

Pekan lalu, Bank Indonesia dalam rapat dewan gubernur (RDG) bulanan memutuskan untuk memangkas suku bunga acuan BI 7 day reverse repo rate

Gubernur BI Lapor ke Banggar DPR soal Suku Bunga, Morgan Stanley Prediksi Dipangkas hingga 4 Kali
KONTAN
Ilustrasi Bank Indonesia 

TRIBUNKALTIM.CO - Pekan lalu, Bank Indonesia dalam rapat dewan gubernur (RDG) bulanan memutuskan untuk memangkas suku bunga acuan BI 7 day reverse repo rate (BI 7 day RRR).

Bank sentral memangkas suku bunag sebesar 25 basis point (bps) menjadi 5,75%.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo melaporkan keputusan bank sentral menurunkan suku bunga acuan di hadapan Badan Anggaran DPR.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (Tribunnews.com/ Fitri Wulandari)

Perry Warjiyo hadir dalam Rapat Kerja pemerintah dan Badang Anggaran DPR RI terkait penyampaian dan pengesahan laporan Panja Perumus Kesimpulan Laporan Realisasi Semester I dan Prognosis Semester II Pelaksanaan APBN 2019.

"Kami melanjutkan langkah-langkah pelonggaran kebijakan kami. Dengan stabilitas yang terjaga, kami terus mendorong momentum pertumbuhan ekonomi dengan menurunkan suku bunga 25 basis poin," ujar Perry, Senin (22/7/2019).

Perry mengatakan, langkah tersebut ditempuh untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi hingga akhir tahun.

Kebijakan moneter yang akomodatif, menurutnya, akan terus dipertahankan oleh bank sentral di tengah tingkat inflasi yang terjaga rendah.

Tak hanya itu, Perry juga memberi sinyal kepada DPR bahwa penurunan suku bunga acuan masih akan berlanjut sebagai bagian dari opsi BI melanjutkan kebijakan akomodatif.

"Melihat inflasi rendah dan keperluan mendorong pertumbuhan ekonomi, kami memandang ruang kebijakan moneter yang akomodatif, baik kita pelonggaran likuiditas atau penurunan suku bunga lebih lanjut masih terbuka," tandasnya.

Sebelumnya Gubernur BI berharap kebijakan ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah ancaman perlambatan ekonomi global.

Halaman
123
Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved