Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Membuka Lingkar Belajar Guru PGRI, Bupati Kukar Berharap Ada Model Pembelajaran Abad 21

Kelompok Kerja Lingkar Belajar Guru (Teachers Learning Circle) atau disingkat LBG merupakan block grant dari Education International

Membuka Lingkar Belajar Guru PGRI, Bupati Kukar Berharap Ada Model Pembelajaran Abad 21
HUMASKAB KUKAR
Bupati Kukar Edi Damansyah mengalungkan dan memberikan cinderamata kepada Pengurus Besar PGRI Elwis Karwati dan Desy Darwin perwakilan dari Education International (EI). 

TENGGARONG – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah membuka kegiatan Lingkar Belajar Guru (LBG) cabang Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kukar, di Pendopo Odah Etam, Kamis (18/7/2019).

Edi Damansyah mengatakan bahwa tuntutan dunia pendidikan di Indonesia semakin kompleks, hal tersebut bukan hanya datang dari kebutuhan untuk mewujudkan cita – cita strukturnya yang berbasis internet.

“Saya harap kelompok kerja LBG ini selain membicarakan kepentingan internal organisatoris forum juga perlu mengusung diskusi tematik tentang keterampilan pembelajaran abad 21 di tengah gempuran peradaban digital. Upaya ini dilakukan untuk mengetengahkan hadirnya rekomendasi bagi kepentingan guru di dalam menginovasi kegiatan pembelajaran,” ujarnya.

Selanjutnya, berkaitan dengan kesejahteraan guru, maka wujud kesejahteraan guru tersebut ditopang oleh lima, pilar, yaitu: imbal jasa, rasa aman, hubungan antar pribadi, kondisi kerja, dan, kesempatan meningkatkan dan mengembangkan diri.

“Semoga ke-lima pilar di atas menopang upaya transformasi PGRI dari sekedar organisasi profesi menjadi serikat pekerja,” katanya.

Bupati Kukar Edi Damansyah membuka kegiatan Lingkar Belajar Guru (LBG) di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, Kukar, Kamis (18/7/2019). Kegiatan ini merupakan block grant dari Education International melalui PB PGRI.
Bupati Kukar Edi Damansyah membuka kegiatan Lingkar Belajar Guru (LBG) di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, Kukar, Kamis (18/7/2019). Kegiatan ini merupakan block grant dari Education International melalui PB PGRI. (HUMASKAB KUKAR/PROKOM)

Sementara, Desy Darwin perwakilan dari EI mengatakan Kelompok Kerja Lingkar Belajar Guru (Teachers Learning Circle) atau disingkat LBG merupakan block grant dari Education International (EI) yang bekerjasama dengan PB PGRI guna pemberdayaan serta meningkatkan partisipasi dan kapabilitas anggota PGRI.

Lebih lanjut menurutnya kegiatan LBG menjadi forum di bawah PGRI dalam menampung, merumuskan, menyelesaikan, dan menyalurkan aspirasi anggota berdasarkan isu-isu mutakhir yang berkembang dan berkaitan langsung dengan kepentingan anggota PGRI.

Kegiatan LBG ini terasa kian penting bagi komunitas guru dalam merespon keberadaan organisasi PGRI, yang saat sekarang bukan hanya sebagai organisasi profesi melainkan telah menjelma menjadi serikat pekerja di bidang pendidikan.

Ditambahkannya EI juga bertujuan melindungi profesional dan industrial dari para guru dan pekerja pendidikan, Mempromosikan perdamaian, demokrasi, keadilan sosial, dan persatuan kepada seluruh manusia si semua negara, melalui pembangunan pendidikan umum berkualitas bagi semua.

Memberikan perhatian khusus bagi pembangunan peran kepengurusan dan keterwakilan wanita di masyarakat, dalam profesi mengajar, dan dalam organisasi guru dan pekerja pendidikan.

Memastikan hak-hak kelompok kelompok yang terlemah seperti masyarakat pribumi, etnik minoritas, migran dan anak-anak serta EI bekerja untuk menghapuskan pekerja anak yang merupakan bagian penting dari hak asasi manusia.

“Setiap anggota yang masuk dalam EI juga harus memberikan iuarannya demi kepentingan semua anggota dan digunakan pada saat salah satu anggota EI mengalami permasalahan, hal ini juga menumbuhkan rasa solidaritas dan peduli dengan penderitaan orang lain,”ucapnya.

Turut hadir dalam acara Ketua Pengurus Besar PGRI Elwis Karwati, Ketua PGRI Provinsi Kaltim H Musyahrim, Ketua PGRI Kabupaten Kukar Yonathan Palinggi dan Ketua Cabang PGRI Tenggarong Joko Triyanto.(Medsi06)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved