Pelabuhan Pesawan Bakal Topang Kawasan Industri Pelabuhan Internasional Tanah Kuning Kaltara

Pelabuhan Pesawan mencakup dermaga, trestle, causeway, dan corrugated concrete sheet pile (CCSP). Sisi daratnya akan dilengkapi fasilitas perkantoran

Pelabuhan Pesawan Bakal Topang Kawasan Industri Pelabuhan Internasional Tanah Kuning Kaltara
Dok Tribunkaltim.co/Humas Pemprov Kaltara
Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie saat meninjau rencana lokasi KIPI Tanah Kuning-Mangkupadi, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Pelabuhan Pesawan di Tanjung Selor akan difungsikan sebagai pelabuhan pengumpul yang akan melayani kegiatan angkutan laut dalam negeri.

Alih muat angkutan laut dalam negeri dalam jumlah menengah, termasuk sebagai tempat asal tujuan penumpang dan barang, serta angkutan penyeberangan dengan jangkauan pelayanan antarprovinsi.

Pelabuhan ini diharapkan mendapatkan dikungan dana APBN untuk membiayai pembangunan fisiknya.

"Pelabuhan ini akan menopang Kota Baru Mandiri (KBM) Tanjung Selor," kata Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Utara, Taupan Majid kepada Tribunkaltim.co, Senin (22/7/2019).

Selain itu, Pelabuhan Pesawan bakal didorong melayani pelayaran Tanjung Selor - Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya), termasuk direncanakan melayani rute pelayaran Tanjung Selor - Pelabuhan Soekarno Hatta (Makassar). 

Beberapa kapal sedang sandar untuk bongkar muat di Pelabuhan Kayan I Tanjung Selor, belum lama ini.
Beberapa kapal sedang sandar untuk bongkar muat di Pelabuhan Kayan I Tanjung Selor, belum lama ini. (TRIBUN KALTIM / DOAN E PARDEDE)

Taupan Majid mengatakan, pelabuhan ini harus berkembang menjadi pelabuhan kontainer.

"Di Bulungan juga kan akan hadir Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning. Itu akan jadi pusat industri, pelabuhan akan menjadi urat nadinya," ujarnya.

"Untuk mendukung rencana-rencana itu, kita harap APBN bisa masuk membiayai pembangunan Pelabuhan Pesawan. Kita sudah sempat ajukan usulan sebesar Rp 238 miliar lebih," ujarnya.

Untuk diketahui, sisi perairan Pelabuhan Pesawan mencakup dermaga, trestle, causeway, dan corrugated concrete sheet pile (CCSP). Sisi daratnya akan dilengkapi fasilitas perkantoran seperti Bea Cukai, Syahbandar, Kantor Administrasi,dan Navigasi.

"Fasilitas terminal penumpang, gudang, poliklinik, rumah dinas, koperasi, work shop, rumah ibadah, reservoar, lapangan penumpukan, tempat penyimpanan peti kemas dan kontainer 6 FT, termasuk area parkir juga akan disediakan," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved