RSUD Tarakan akan Klarifikasi Penurunan Tipe C ke Kemenkes, Sarpras dan SDM Telah Penuhi Standar

Kemenkes Republik Indonesia terhadap pemenuhan sarana dan prasarana Kesehatan serta tenaga Kesehatan rumah sakit. RSUD Tarakan Kalimantan Utara.

RSUD Tarakan akan Klarifikasi Penurunan Tipe C ke Kemenkes, Sarpras dan SDM Telah Penuhi Standar
TRIBUN KALTIM / JUNISAH
ILUSTRASI - Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Tarakan tipe c yang berada di Jalan Aki Balak Kelurahan Karang Anyar Pantai Kecamatan Tarakan Barat sudah 100 persen pembangunannya selesai. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Tarakan milik Pemprov Kalimantan Utara turun kelas dari rumah sakit tipe B menjadi tipe C.

Penurunan kelas tersebut berdasarkan penilaian Kementerian Kesehatan atau Kemenkes Republik Indonesia terhadap pemenuhan sarana dan prasarana Kesehatan serta tenaga Kesehatan rumah sakit.

Direktur RSUD Tarakan, M Hasbi Hasyim mengaku ada kekeliruan penginputan data hingga menyebabkan penilaian Kementerian Kesehatan menjadi di luar dugaan.

"Awalnya kami diminta data oleh Kementerian Kesehatan tentang tenaga kesehatan serta sarana dan prasarananya," kata M Hasbi Hasyim kepada Tribunkaltim.co, Senin (22/7/2019).

Direktur RSUD Tarakan M Hasbi Hasyim.
Direktur RSUD Tarakan M Hasbi Hasyim. (TribunKaltim.Co/Muhammad Arfan)

"Informasinya, itu untuk penilaian verifikasi BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan juga kan mengambil data kami," ujarnya.

M Hasbi Hasyim mengungkapkan, penginputan data sarana dan prasarana RSUD Tarakan memang belum semuanya tuntas mengingat masih ada beberapa dokumen kontrak yang dicari.

Akhirnya, ada beberapa data terbaru yang belum terinput. Sehingga rata-rata data yang tersaji adalah data lama tahun 2018.

"Contohnya, di dalam aplikasi ASPAK, terbaca bahwa ruang radionya kami rusak berat. Padahal kondisi saat ini sangat bagus. Yang lain lagi, kami tidak memiliki alat tes buta warna, padahal lengkap sekali di poli mata," ujarnya.

Dengan penurunan kelas ini, Direktur M Hasbi Hasyim akan mengklarifikasi fakta sebenarnya yang terjadi.

"Saya juga sudah laporan ke Pak Gubernur," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved