Pendidikan

Hari Pertama Masuk Sekolah, Siswa di Balikpapan Ini Dikenalkan Budaya Baca, Begini Manfaatnya

Untuk menguatkan, budaya baca juga disosialisasikan lewat rapat bersama orang tua siswa baru di hari berikutnya.

Hari Pertama Masuk Sekolah, Siswa di Balikpapan Ini Dikenalkan Budaya Baca, Begini Manfaatnya
TribunKaltim.co/Muhammad Arfan
ILUSTRASI - Sejumlah anak SD di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. Mereka ini membaca buku ramai-ramai di Taman Sungai Kayan, Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Memajukan dunia pendikan ada banyak ragam cara, satu di antaranya mengenalkan siswa tentang budaya baca

Satu di antaranya di daerah Kota Balikpapan juga Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, ada beberapa sekolah yang mengenalkan budaya baca kepada para siswa yang hari pertama masuk sekolah

Melalui budaya baca tentu saja dunia pendidikan di Balikpapan dan Kutai Kartanegara semakin asyik kegiatan belajar-mengajarnya di sekolah

Dan selain itu juga, melalui budaya baca, tentu akan memberi efek menumbuhkan rasa cinta terhadap buku semenjak dini.

Contohnya SD Negeri 003 di Tenggarong Kutai Kartanegara menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dengan salah satu tema kegiatannya adalah Program budaya baca di sekolah tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, 61 anak-anak didik baru sekolah tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok.

Tiap kelompok terdiri dari lima orang. Hal ini terungkap dalam rilis yang diterima Tribunkaltim.co pada Selasa (23/7/2019) dari Tanoto Foundation. 

Karena mereka belum diajarkan menulis dan membaca, tiap guru yang bertanggung jawab di kelompok hanya menceritakan sebuah buku cerita.

Setelah mendengar cerita tersebut, siswa yang berani diberikan microphone dan menceritakan kembali.

Abdul Gafur, Kepala MTsN 1 Balikpapan memegang wadah koinku untuk buku menerima sumbangan koin dari siswa baru di madrasah tersebut.
Abdul Gafur, Kepala MTsN 1 Balikpapan memegang wadah koinku untuk buku menerima sumbangan koin dari siswa baru di madrasah tersebut. (TribunKaltim.Co/HO Tanoto)

Orang tua siswa yang mengantar anaknya dan bebas masuk melihat juga kegiatan tersebut dari bangku-bangku yang sudah disediakan.

Halaman
123
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved