Kloter 3 Kukar Rata-rata Calhaj Lansia, Mereka Diimbau Bawa Uang Lebih

Rombongan haji kloter 3 atau rombongan terakhir dari Kukar ini mayoritas didominasi jamaah haji usia lanjut (lansia)

Kloter 3 Kukar Rata-rata Calhaj Lansia, Mereka Diimbau Bawa Uang Lebih
TribunKaltim.CO/Rahmat Taufiq
Rombongan Haji Kloter 6 dilepas langsung Plt Kepala Kemenag Kukar H Nasrun, Selasa (23/7/2019) di Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong. Jamaah haji kloter 6 berjumlah 128 orang dan didominasi para lansia 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Plt Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kukar, H Nasrun melepas keberangkatan rombongan haji Kloter 6 asal Kukar di Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong, Selasa (23/4).

Rombongan haji berjumlah 128 orang ini diangkut menggunakan 3 bus menuju embarkasi Balikpapan.

"Rombongan haji kloter 3 atau rombongan terakhir dari Kukar ini mayoritas didominasi jamaah haji usia lanjut (lansia) karena pelunasannya di tahap kedua," ujar Nasrun.

Seperti diketahui, tahun ini kuota haji Indonesia mendapat tambahan 10.000 kursi. Dari tambahan kuota ini, Kukar dapat jatah 58 kursi.

Tambahan kuota ini diprioritaskan untuk jamaah haji lansia, yakni usia 75 tahun ke atas. "Jadi tambahan kuota 58 orang ini masuk dalam kloter terakhir ini," tuturnya.

Ia mengatakan, jamaah haji kloter 6 asal Kukar ini merupakan jamaah gabungan dengan jamaah dari Samarinda dan Berau yang berjumlah 455 orang.

"Jamaah ini kita lihat secara fisik mereka banyak yang nggak bisa mandiri, banyak pakai kursi roda," kata Nasrun.

Secara khusus, ia mengingatkan kepada keluarga para jamaah lansia ini agar membawa  uang lebih. Jamaah lansia ini tidak bisa mandiri untuk melakukan tawaf dan sai, kadang mereka pakai kursi roda.

"Di Tanah Suci di sana, biasanya ada jasa untuk mendorong para jamaah haji yang menggunakan kursi roda. Mereka bisa membayar jasa tukang dorong ini untuk menyempurnakan ibadah haji mereka.

Ini bisa dikoordinasikan oleh Karom (Ketua Rombongan) supaya di sana mereka nggak ada kesulitan," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Samir Paturusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved