Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Komitmen Alokasikan 10 Persen APBD untuk Pertanian, Bupati Kukar: Bertani Itu Menjanjikan

Edi mengatakan, sesuai data BPS bahwa bidang pertanaian di Kukar meningkat, hal ini tentunya tak terlepas dari kegiatan pertanian

Komitmen Alokasikan 10 Persen APBD untuk Pertanian, Bupati Kukar: Bertani Itu Menjanjikan
HUMASKAB KUKAR/PROKOM
Bupati Kukar Edi Damansyah saat menghadiri bersih desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu. 

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah mengatakan bahwa bertani merupakan profesi mulia dan menjanjikan, serta menjadi prioritas pembangunan Pemerintah Kabupaten Kukar.

"Manjadi petani itu menjanjikan dan mulia, dapat membuka lapangan pekerjaan, karena semua butuh hasil pertanian untuk kehidupan sehari-hari," ujar Edi Damansyah saat menghadiri sedekah bumi dan bersih desa di dusun 1 Desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu, Senin (22/7).

Edi mengatakan, sesuai data Badan Pusat Statistik bahwa bidang pertanaian di Kukar meningkat, hal ini tentunya tak terlepas dari kegiatan pertanian di Kecamatan-Kecamatan se Kukar termasuk Loa Kulu.

Hal tersebut karena menurutnya sektor pertanian dalam arti luas menjadi sektor andalan Kukar, guna mengikis ketergantungan akan hasil tambang Migas dan batu bara yang suatu saat akan habis karena tak dapat terbarukan.

Maka dikatakannya Pemkab Kukar terus memperkuat pertanian dan pariwisata. Untuk itu Pemkab Kukar membangun infrastrutur pendukung pertanian pada titik-titik kawasan pertanian di Kecamatan.

Edi mengatakan Pemkab Kukar sendiri berkomitmen mengembangkan sektor pertanian dalam arti luas dengan mengalokasikan 10 persen dana APBD.

"Saya minta kerjasama dan dukungun khususnya kelompok tani karena keberadaannya sangat menentukan, saya mendorong kepada pihak terkait yang mengurus kelompok tani agar terus melakukan evaluasi dan memperkuat anggota, karena bantuan Pemerintah itu kepada kelompoknya bukan orang perorang," ujarnya.

Terkait bersih desa Edi berpesan agar budaya tersebut terus dijaga dan dilestarikan. Edi juga megingatkan selain usaha dan tekad yang kuat, juga perlu dibarengi dengan rasa syukur dan selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Seimbangkan anatara ikhtiar dengan ibadah dan doa kita, insyaAllah hasilnya akan baik," pesannya.

Sementara Pj Kades Sumbersari Andriansyah, mengatakan bersih desa dan sedekah bumi merupakan kegiatan tahunan, guna sebagai bentuk rasa syukur atas hasil pertanian yang diberikan oleh Sang Maha Pencipta.

Acara bersih desa tersebut dihadiri aparat Kecamatan dan Desa setempat, Badan Permusyawaratan Desa, tokoh agama, tokoh masyarakat setempat, serta warga yang bersama-sama berdoa untuk kelancaran kegiatan pertanian kedepan. (medsi09)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved