LHP BPK Belum Selesai, Sa’duddin: Gubernur Sudah Tegur Seluruh OPD yang Dapat Catatan

Gubernur Kaltim Isran Noor telah menindaklanjutinya dengan menyampaikan teguran kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penerima catatan

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) Perwakilan Kaltim telah memberikan batas waktu sampai 24 Juli kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim,

untuk menindaklanjuti seluruh temuan dan catatan lembaga auditor negara ini. Namun, Inspektorat Provinsi Kaltim menyebutkan, tindaklanjut terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI Perwakilan Kaltim belum selesai.

Inspektur Inspektorat Provinsi Kaltim, M Sa’duddin mengungkapkan, hingga kini tindaklanjut dari seluruh catatan BPK RI Perwakilan Kaltim belum dapat diselesaikan.

Namun, untuk reaksi pertama, Sa’duddin mengatakan, Gubernur Kaltim Isran Noor telah menindaklanjutinya dengan menyampaikan teguran kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penerima catatan.

“Sudah ditindaklanjuti semua catatan itu, tapi, belum tuntas semua. 60 hari yang telah ditetapkan oleh BPK itu, biasanya 60 hari kalender.

Artinya, sebulan itu 22 hari. Nah, untuk Inspektorat itu yang paling penting kita telah mengamankan 60 hari pertama dan itu sudah dilakukan. Hasil dari mengamankan itu, yakni diberikannya teguran kepada OPD yang mendapat catatan,” ujarnya.

Dipastikan Sa’duddin, setelah diberikannya teguran oleh Gubernur Kaltim maka seluruh OPD  tersebut langsung melaksanakan aksi dengan menindaklanjuti teguran tersebut.

Hanya saja, aksi pertama tersebut lanjutnya,  masih belum mengetahui sampai sejauh mana aksi tersebut dilakukan.

“Aksi yang dijalankan itu berbeda-beda. Misalnya saja, aksi pertama itu mendorong diterbitkannya Peraturan Gubernur (Pergub) tentang tindaklanjut soal temuan BPK. Nah, tidak mungkin dalam waktu dua bulan Pergub tersebut bisa selesai dan disahkan.

Namun, yang jelas mereka semua yang mendapatkan catatan sudah menindaklanjuti,” tandasnya. (*)

Halaman
12
Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved