Berita Pemkab Penajam Paser Utara

Luncurkan Program BPNT, Hamdam Pastikan Bantuan Pangan Non Tunai Aman dan Transparan

Bank Mandiri akan melayani keluarga penerima manfaat, dan telah menyediakan 59 agen atau E-Warong yang tersebar di 54 desa kelurahan.

Luncurkan Program BPNT, Hamdam Pastikan Bantuan Pangan Non Tunai Aman dan Transparan
HUMASKAB PPU
Wakil Bupati Penajam Paser Utara Hamdam meluncurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Graha Pemuda Kabupaten Penajam Paser Utara, Kamis (18/7/2019). 

PENAJAM – Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Hamdam meluncurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang digelar di Graha Pemuda Kabupaten Penajam Paser Utara, Kamis (18/7/2019).

Acara ini juga dihadiri unsur Muspida, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Balikpapan, perwakilan Bank Mandiri Area Balikpapan, Agen Penyedia BPNT dan penerima BPNT.

BPNT ini merupakan peralihan bantuan sosial pangan sejahtera menjadi bantuan pangan non tunai. Bantuan ini yang biasanya diberikan bantuan beras sebanyak 10 kg kepada KPM per bulan.

Saat ini KPM diberikan kartu keluarga sejahtera yang setiap bulannya dapat diisi sebesar Rp. 110.000 per kk. Pangan yang telah disediakan oleh agen berupa beras dan telur.

Plt Kepala Dinas Sosial Bagenda Ali, menyampaikan bahwa pendistribusian kartu keluarga sejatera BPNT ini sudah dimulai sejak 20 Juni 2019 dan sampai saat ini.

Jumlah penerima manfaat sesuai SK Menteri Sosial No 185 tahun 2019 adalah 9.565 keluarga penerima manfaat, dan telah membuka rekening kolektif 9.416 keluarga dan yang masih belum membuka rekening akan segera menyusul setelah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Pelaksanaan penyaluran kartu BPNT ini berkolaborasi dengan Bank Mandiri, Dinas Sosial, dan didampingi Satgas Bansos Polres. Bank Mandiri akan melayani keluarga penerima manfaat, dan telah menyediakan 59 agen atau E-Warong yang tersebar di 54 desa kelurahan.

Wakil Bupati Hamdam menyampaikan bahwa pemerintah menyambut baik program BPNT dan sangat mendukung dan memberikan apresiasi.

Dengan program ini, akan membantu mengentaskan keluarga yang tidak mampu sehingga masyarakat luas bisa menikmati kesempatan program BPNT.

Program ini salah satu upaya untuk mengentaskan kemiskinan dan merupakan salah satu upaya memperluas gerakan non tunai. Ini juga salah satu cara untuk mengubah perilaku masyarakat dan memperkenalkan kepada masyarakat untuk bertransaksi secara non tunai.

“Pembelanjaan dengan cara non tunai lebih aman dan transparansi sehingga masyarakat dapat merasakan secara langsung yang tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu. Masyarakat penerima manfaat ini berhak menikmati bantuan BPNT ini,” katanya. (Advertorial/Humas11/Kominfo)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved