Pelaku Penggelapan Mobil di Balikpapan Incar Usaha Rental Mobil, Modus Disewa, Modifikasi dan Dijual

Korban penggelapan mobil, Ashar, mobilnya tersebut langsung diubah atau di modifikasi kemudian dijual di Kutai Barat.

Pelaku Penggelapan Mobil di Balikpapan Incar Usaha Rental Mobil, Modus Disewa, Modifikasi dan Dijual
TribunKaltim.Co/Aris Joni
Kasus penggelapan mobil tersebut terungkap saat Wakil Ketua Asperda Kota Balikpapan yang juga sebagai korban, Muhammad Ashar Effendi menyewakan mobilnya kepada seorang wanita berinisial AT 38 tahun. Barang bukti diperlihatkan di Kota Balikpapan pada Selasa (23/7/2019) siang. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kasus penggelapan mobil dengan modus menyewa akhirnya terungkap setelah salah seorang anggota Asosiasi Pengusaha Rental Daerah (Asperda) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, menjadi korban dan menelusuri pelaku.

Kasus penggelapan mobil tersebut terungkap saat Wakil Ketua Asperda Kota Balikpapan yang juga sebagai korban, Muhammad Ashar Effendi menyewakan mobilnya kepada seorang wanita berinisial AT (38).

Kejadian penggelapan mobil ini mulai terjadi pada 17 Juli 2019. Modunya sewa mobil selama sebulan dengan harga Rp 6 juta.

Hal ini dia sampaikan kepada Tribunkaltim.co pada Selasa (23/7/2019) siang ceritakan soal penggelapan mobil

Sebelum menyewakan mobilnya, Ashar panggilan akrabnya, melakukan verifikasi data sebagai prosedur penyewaan.

Setelah selesai di cek data, mobilnya berjenis Toyota Cayla warna silver KT 1994 AH akhirnya dibawa AT.

Dikatakan Ashar, setelah mobilnya di sewa oleh AT, ternyata mobilnya tersebut langsung diubah atau di modifikasi kemudian dijual kepada YS di daerah Melak, Kabupaten Kutai Barat seharga Rp 52 juta.

Ia membeberkan, mobilnya dirubah mukai dari nomor plat dan STNK-nya yang awalnya bernomor polisi KT 1994 AH menjadi KT 1094 AH.

"Saat itu kita lacak kesana, pas sampai disana kami temukan unit kita. Saat kami konfirmasi kepada yang punya, ternyata mobil itu sudah dibeli dan dijanjikan BPKB akan menyusul," ujar Ashar.

Lanjutnya, setelah ditelusuri darimana YS membeli mobil tersebut. YS pun meminta perantara penjual berinisial RY untuk membeli mobil tersebut.

Halaman
123
Penulis: Aris Joni
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved