24 Sekolah di Balikpapan Unjuk Karya Praktik Belajar, Ada yang Inovatif Hasilkan Listrik dari Buah

Mengajak para guru untuk menciptakan siswa yang inovatif, kreatif, produktif dan mampu berpikir tingkat tinggi serta cinta Indonesia.

24 Sekolah di Balikpapan Unjuk Karya Praktik Belajar, Ada yang Inovatif Hasilkan Listrik dari Buah
TribunKaltim.Co/HO Tanoto
Sartono Kasi Penma Kemenag Balikpapan mengamati langsung di panggung Axel dan Nabila yang sedang praktik energi alternatif saat unjuk karya praktik baik program PINTAR hasil kerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayan, Kemenag Balikpapan dan Tanoto Foundation di Gedung KNPI Balikpapan pada Rabu (24/7/2019) siang. Mereka menggunakan media buah-buahan untuk hasilkan listrik tuk menyalakan lampu. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Sebanyak 24 Sekolah di Balikpapan, Kalimantan Timur mengadakan showcase atau unjuk karya praktik baik pembelajaran dan manajemen berbasis sekolah di Gedung KNPI Balikpapan pada Rabu (24/7/2019) pagi menjelang siang. 

Kegiatan yang diselenggarakan oleh program PINTAR hasil kerjasama antara pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan, Kemenag Balikpapan dan Tanoto Foundation. Ada 24 sekolah yang ikut, terdiri dari 16 Sekolah Dasar Madrasah Ibtidaiyah dan 8 SMP Madrasah Tsanawiyah.

Dalam pameran program PINTAR atau Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran ini, 24 sekolah ini mendirikan 24 stand yang memamerkan berbagai kreativitas pendidik dan siswa di sekolah.

Kreatifitas yang banyak muncul setelah pelatihan pembelajaran aktif, manajemen berbasis sekolah, budaya baca dan peran serta masyarakat yang diselenggarakan untuk sekolah mitra program mulai bulan September 2018.

Dalam Sambutan Showcase atau pameran pendidikan ini, Walikota Balikpapan yang diwakili oleh Asisten 2, Muhammad Noor mengajak para guru untuk menciptakan siswa yang inovatif, kreatif, produktif dan mampu berpikir tingkat tinggi serta cinta dan bangga terhadap Indonesia.

Walikota juga menyatakan apresiasinya terhadap program PINTAR yang telah mengimplementasikan pelatihan yang ikut mendukung terciptanya siswa –siswa demikian.

“Dengan meningkatnya pihak-pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan di tanah air, ke depan saya yakin sumber daya manusia Indonesia semakin baik dan maju,” ujarnya mengapresiasi.

Sementara Ari Widowati, Deputy Director Program Program Basic Education Tanoto Foundation , menyatakan hasil yang terlihat dalam pameran merupakan praktik-praktik baik yang bisa dijadikan inspirasi bagi sekolah-sekolah lain.

“Pendidikan yang berkualitas di semua sekolah bisa mempercepat kesetaraan peluang siswa ke depan,” ujarnya. Tak lupa dia juga ungkapkan apresiasinya kepada pemerintah daerah atas kerjasama yang baik menjalankan program PINTAR.

Selain pameran yang menampilkan karya siswa dan guru di booth, beberapa siswa juga melakukan unjuk karya hasil kreatif pembelajaran aktif memakai unsur MIKIR (mengalami, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi).

Halaman
123
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved