Aksi Cepat Tanggap

ACT Salurkan Perlengkapan Sekolah untuk Anak-anak di Area Sungai Wain Balikpapan

Desa Sungai Wain telah dihuni sejak ratusan tahun lalu, bahkan sebelum Kebun Raya Balikpapan dibangun

ACT Salurkan Perlengkapan Sekolah untuk Anak-anak di Area Sungai Wain Balikpapan
HO - ACT
Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Timur menyalurkan ratusan paket perlengkapan sekolah ke anak-anak usia sekolah dasar hingga atas di area Sungai Wain, Kelurahan Karang Joang, tak jauh dari Kebun Raya Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Timur menyalurkan ratusan paket perlengkapan sekolah ke anak-anak usia sekolah dasar hingga atas di area Sungai Wain, Kelurahan Karang Joang, tak jauh dari Kebun Raya Balikpapan.

Pemberian paket sekolah ini terlaksana atas kerjasama dengan Kitabisa.

Muhammad Iqbal, dari Tim Program ACT Kaltim mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membangkitkan semangat belajar anak-anak.

Selain itu, program ini diharapkan dapat menjadi titik awal ACT untuk mengembangkan potensi yang ada di wilayah Sungai Wain.

Selain itu, program ini diharapkan dapat menjadi titik awal ACT untuk mengembangkan potensi yang ada di wilayah Sungai Wain.
Selain itu, program ini diharapkan dapat menjadi titik awal ACT untuk mengembangkan potensi yang ada di wilayah Sungai Wain. (HO - ACT)

“Warga di sini memiliki potensi bangkitnya ekonomi. Terdapat banyak pengrajin anyaman bambu, yang jika dikelola dengan baik dapat memperbaiki perekonomian warga dan desanya," jelas Iqbal, Senin (22/7/2019).

Desa Sungai Wain berjarak 22 kilometer dari Kota Balikpapan.

Permukiman ini dihuni ratusan Kepala Keluarga di enam Rukun Tetangga.

Desa Sungai Wain telah dihuni sejak ratusan tahun lalu, bahkan sebelum Kebun Raya Balikpapan dibangun.

Mayoritas penduduk di area Sungai Wain bekerja sebagai naban (tenaga bantuan) di proyek instansi pemerintah maupun swasta.

Penghasilan mereka hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Pemberian paket sekolah ini terlaksana atas kerjasama dengan Kitabisa.
Pemberian paket sekolah ini terlaksana atas kerjasama dengan Kitabisa. (HO - ACT)

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Kebun Raya Balikpapan, Arrizal Rahman mengungkapkan, di sekitar kebun raya masih banyak warga prasejahtera.

Bantuan paket perlengkapan sekolah tersebut sangat membantu warga.

Arrizal berharap perangkat desanya dapat berkolaborasi dengan ACT untuk memperbaiki kehidupan warga Sungai Wain.

"Ke depan, ACT bersama UPTD Kebun Raya Balikpapan serta badan lingkungan hidup akan bekerja sama merancang program pendidikan maupun pemberdayaan ekonomi masyarakat. Potensi yang ada dapat lebih terorganisir dan menjadi nilai tambah ekonomi. Sebagai alternatif, Sungai Wain dapat menjadi tujuan ekowisata di Balikpapan yang menyimpan keanekaragaman hayati Kalimantan. Dengan kemampuan tambahan di bidang pembuatan suvenir, kawasan desa wisata tersebut diharapkan dapat berkembang menjadi kampung sentra souvenir di Balikpapan," kata Arrizal. (*)

Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved