Diskominfo Latih 15 Operator Pengelola SISD Kutim

Masyarakat juga nantinya bisa mengakses informasi apa saja yang dibutuhkan. Karena semua OPD akan memberikan data dan informasi ke dalam sistem ini

Diskominfo Latih 15 Operator Pengelola SISD Kutim
Tribunkaltim.co, MARGARET SARITA
Kadis Kominfo Perstik Kutim, Ir Suprihanto CES saat memberi sambutan tentang peluncuran website kabupaten dan pelatihan operator pengelola SISD di lingkungan Pemkab Kutim 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (Diskominfo) Kabupaten Kutai Timur meluncurkan website www.kutaitimurkab.go.id , yang merupakan Sistem Informasi Statistic Daerah (SISD).

Karena melalui website tersebut, beragam informasi akan terintegrasi, baik Badan Pusat Statistik (BPS), instansi pemerintahan di lingkungan Pemkab Kutim maupun informasi lainnya.

Untuk memuluskan program tersebut, Diskominfo Kutim melatih operator dari 15 OPD di lingkungan Pemkab Kutim tentang pengelolaan SISD. Karena, para operator ini yang nantinya bersentuhan langsung dengan pelayanan dan penyediaan data bagi masyarakat.

Hal itu diungkapkan Kepala Diskominfo Kutim Suprihanto usai pembukaan kegiatan pelatihan operator pengelola aplikasi SISD di Gedung Serba Guna Bukit Pelangi, Selasa (23/7).

“Pelatihan operator pengelola SISD Kutim, serta peluncuran website www.kutaitimurkab.go.id ,merupakan bagian dari percepatan pengembangan Kutim menuju smart city.

Karena nantinya, Diskominfo Kutim akan menjadi wali data bagi seluruh SKPD, maupun informasi bagi masyarakat, sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia,” kata Kepala Diskominfo Kutim Suprihanto.

Artinya, kata Kepala Diskominfo Kutim Suprihanto, penyebaran informasi dari satu sumber. Tidak lagi masing-masing OPD memberikan data.

Data dari masing-masing dinas, semisal data kemiskinan, produksi pertanian, tingkat perdagangan, jumlah pencari kerja maupun data pembangunan dan kondisi Kabupaten Kutai Timur, terjadi dari satu website. Yakni, www.kutaitimurkab.go.id saja.

Kadis Kominfo Perstik Kutim, Ir Suprihanto CES saat memberi sambutan tentang peluncuran website kabupaten dan pelatihan operator pengelola SISD di lingkungan Pemkab Kutim
Kadis Kominfo Perstik Kutim, Ir Suprihanto CES saat memberi sambutan tentang peluncuran website kabupaten dan pelatihan operator pengelola SISD di lingkungan Pemkab Kutim (Tribunkaltim.co, MARGARET SARITA)

Senada, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Suko Buono mengatakan dengan SISD ini semua informasi yang dibutuhkan masyarakat bisa lebih cepat dan akurat.

Masyarakat juga nantinya bisa mengakses informasi apa saja yang dibutuhkan. Karena semua OPD akan memberikan data dan informasi ke dalam sistem ini.

Halaman
12
Penulis: Margaret Sarita
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved