Petugas Embarkasi Tunda Keberangkatan 2 Jamaah Haji Asal Kukar Malam Ini, Ini Alasannya

Petugas embarkasi Balikpapan menunda keberangkatan 2 orang jamaah haji Kukar dari Kloter 6, yakni Bake Panda Pa’duntu (76) dan Yati Lammarang Abdullah

Petugas Embarkasi Tunda Keberangkatan 2 Jamaah Haji Asal Kukar Malam Ini, Ini Alasannya
TribunKaltim.CO/Rahmat Taufiq
Rombongan jamaah haji kloter 6 asal Kukar yang didominasi para lansia umur 75 ke atas ini diterbangkan dari Balikpapan, Rabu (24/7) pukul 19.30. Dari 128 jamaah Kukar yang tergabung dalam Kloter 6 ini, 2 orang di antaranya ditunda keberangkatannya karena masalah kesehatan 

TRIBUNKALTIM. CO, TENGGARONG– Petugas embarkasi Balikpapan menunda keberangkatan 2 orang jamaah haji Kukar dari Kloter 6, yakni Bake Panda Pa’duntu (76) dan Yati Lammarang Abdullah (56).

Rencananya, rombongan haji Kloter 6 berjumlah 455 orang yang merupakan gabungan jamaah haji Kukar, Samarinda dan Berau ini diterbangkan dari Balikpapan, Rabu (24/7/2019) pukul 19.30 Wita.

“Jadi saya jelaskan di sini, kedua jamaah haji asal Kukar ini bukan batal berangkat, tapi ditunda keberangkatannya di embarkasai sampai mereka laik terbang,” ujar Nasrun, Plt Kepala Kementerian Agama (Kemanag) Kukar.

Kedua jamaah itu, lanjutnya, masih dalam perawatan di klinik embarkasi. Jika keduanya nanti sehat, maka mereka akan diberangkatkan bareng rombongan kloter berikutnya. Tiba di Mekkah, mereka akan digabung lagi dengan rombongan kloter 6.

Terpisah Kabid Haji Kanwil Kemenag Kaltim, Abdul Khaliq membenarkan, 2 jamaah haji Kloter 6 asal Kukar tertunda keberangkatannya malam ini.

“Keduanya sempat dirujuk di RSUD Kanujoso Djatiwibowo. Seorang jamaah didiagnosa ada cairan di dalam paru-parunya, sedangkan seorang lagi sempat keluar darah di mulutnya.

Sehingga keduanya tidak bisa berangkat malam ini. Mudah-mudahan mereka cepat sehat sehingga bisa diberangkatkan pada kloter berikutnya, yakni kloter 7 sampai 15,” kata Khaliq.

Kalaupun keduanya dinyatakan sehat, Kamis (25/7/2019), maka keduanya diikutkan dalam kloter 7 atau 8 asalkan tersedia kursi.

Seperti diketahui, rombongan haji Kloter 6 asal Kukar dilepas di Masjid Sultan Sulaiman Tenggarong, Selasa (23/7/2019) lalu.

Seluruh jamaah diangkut menggunakan 3 bus menuju embarkasi Balikpapan. Rombongan haji gelombang terakhir dari Kukar ini didominasi para jamaah lansia, beberapa di antaranya tidak bisa mandiri untuk melakukan tawaf dan sai sehingga mereka harus dibantu kursi roda.

Halaman
12
Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved