Tingkatkan Standar Layanan, Dispar Kaltim Beri Pelatihan Kepada Manajer dan Karyawan Hotel

Hotel menjadi salah satu sarana penunjang sektor pariwisata di suatu daerah.

Tingkatkan Standar Layanan, Dispar Kaltim Beri Pelatihan  Kepada Manajer dan Karyawan Hotel
TribunKaltim.CO/Rahmat Taufiq
Kadis Pariwisata Kukar Sri Wahyuni menjelaskan tren peningkatan kunjungan wisata per tahun di Kukar yang disampaikannya dalam Pelatihan Tenaga Pelayanan Perhotelan Non Bintang di Kabupaten Kukar, Rabu (24/7) di Hotel Grand Elty Singgasana_ 

TRIBUNKALTIM. CO, TENGGARONG - Hotel menjadi salah satu sarana penunjang sektor pariwisata di suatu daerah. Pelayanan hotel yang berkualitas dan sesuai standar akan menjadi daya tarik bagi para pengunjung hotel.

Keberadaan sejumlah hotel di Kukar sendiri, khususnya di Tenggarong, sangat menggeliat. Potensi ini Ditangkap Dinas Pariwisata Kaltim dengan menggelar kegiatan Pelatihan Tenaga Pelayanan Perhotelan Non Bintang di Kabupaten Kukar, Rabu (24/7) di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong.

Kegiatan yang berlangsung 2 hari ini diikuti 40 peserta dari pemilik dan karyawan hotel di wilayah Tenggarong dan sekitarnya.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kaltim, Siswandi mengemukakan, peserta akan diberi pemahaman terhadap pengelolaan dan pelayanan hotel.

Ia melihat potensi di Kukar dari berbagai ajang yang digelar selama ini, termasuk upacara adat, festival budaya dan kegiatan lain tentang kepariwisataan sendiri berkembang pesat.

"Pembangunan dan pengembangan sektor pariwisata di Kukar sangat menggeliat, saya ingin pengunjung yang datang langsung ke Kukar, nginap juga di sini, dangan segala daya tarik yang dimiliki kukar," ujar Siswandi.

Menurutnya, Tenggarong lebih maju dan siap dari segi obyek wisatanya. Ia berpesan, pemilik atau pengelola hotel harus punya komitmen untuk melayani para wisatawan yang menginap di hotel dengan memberikan pelayanan sesuai standar.

Ia mengatakan, pelatihan ini tidak hanya digelar di Tenggarong, tapi akan dilaksanakan di kabupaten/kota lain di Kaltim secara bertahap.

Terpisah Ketua Panitia sekaligus Kabid Pengendalian Usaha Jasa Pariwisata, Srie Iriana mengatakan, pihaknya memberikan pembinaan kepada mitra kerja Dinas Pariwisata, seperti Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), dalam hal ini pengelola hotel.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa ditindaklanjuti oleh Dinas Pariwisata Kukar. Sehingga ke depan, peserta pelatihan tak hanya kepada pemilik hotel non bintang, tapi juga pengelola penginapan di Kukar," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved