DPUPR PERA Kaltim Klaim Sudah Selesaikan Catatan BPK Soal Pembangunan Masjid Kinibalu

Kepala DPUPR PERA Kaltim, Taufik Fauzi mengungkapkan, pihaknya telah menyelesaikan temuan tersebut sejak awal saat baru saja ditemukan oleh BPK Kaltim

DPUPR PERA Kaltim Klaim Sudah Selesaikan Catatan BPK Soal Pembangunan Masjid Kinibalu
TribunKaltim.Co/purnomo susanto
Kepala DPUPR PERA Kaltim, Taufik Fauzi 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI Perwakilan Kaltim, mencatat ada 7 temuan lembaga auditor negara tersebut harus segera ditindaklanjuti oleh Pemprov Kaltim.

Salah satunya, potensi kelebihan pembayaran terhadap proyek pembangunan Masjid Kinibalu, Samarinda  yang dibangun Pemprov Kaltim melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (DPUPR PERA) Kaltim.

Kepala DPUPR PERA Kaltim, Taufik Fauzi mengungkapkan, pihaknya telah menyelesaikan temuan tersebut sejak awal saat baru saja ditemukan oleh BPK Perwakilan Kaltim.

Ia mengakui, memang ada kelebihan pembayaran pada proyek pembangunan masjid yang menuai kontroversi dari beberapa kelompok warga ini.

“Sudah kita selesaikan semua soal temuan itu. Bahkan, sudah kita selesaikan sejak awal saat auditor BPK Perwakilan Kaltim masuk. Yang saya ingat seperti itu.

Bahkan, saat itu ada waktu yang disampaikan oleh BPK untuk menyelesaikan temuan tersebut selama tiga hari, dan kami  bisa selesaikan,” ujarnya.

Soal potensi kelebihan pembayaran tersebut, diceritakan Fauzin, berawal dari adanya pembayaran awal sebesar 20 persen dari total anggaran untuk pembangunan Masjid tersebut. Namun, dalam perkembangannya,  terdapat suatu hal yang membuat pembangunan masjid tertunda.

“Pembayaran awal 20 persen sudah diberikan. Kemudian, karena sesuatu hal ada tertunda-tunda pembangunannya. Sampai dengan auditor BPK masuk dan disampaikan ada temuan. Kemudian, dihitung ulang lagi kelebihan bayarnya. Nah, di situlah dikatakan ada temuan  kelebihan bayar pada volume,” jelasnya.

Meskipun klaim sudah menyelesaikan dan menindaklanjuti catatan yang disampaikan BPK Perwakilan Kaltim terhadap proyek dibawah kordinasinya,

namun, Fauzi menyatakan, akan melakukan pengecekan kembali untuk memastikan persoalan tersebut telah selesai. Apalagi  saat ini pelaksanaan lelang terhadap sisa pembangunan masjid tersebut sudah dilaksanakan.

Halaman
12
Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Samir Paturusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved