Berita Pemkab Kutai Barat

Sempat Semalam Gunakan Kapal, Jamaah Haji Kutai Barat Akhirnya Tiba di Jeddah

Calhaj Kubar bertolak dari Kubar melalui jalur Sungai Mahakam menggunakan KM Barokah dari Pelabuhan Melak, Sabtu (20/7/2019) sore

Sempat Semalam Gunakan Kapal, Jamaah Haji Kutai Barat Akhirnya Tiba di Jeddah
HUMASKAB KUBAR
Sebanyak 96 calhaj asal Kubar saat tiba di Embarkasi Haji Balikpapan. Mereka disambut Sekretaris Embarkasi H Abdul Kaliq dan dilakukan serah terima bersama Wakil Ketua PPIH Kubar H Muhammad Isnaini, Minggu (22/7/2019) siang. Saat ini mereka dilaporkan sudah tiba di Jeddah. 

BALIKPAPAN - Setelah menempuh perjalanan cukup melelahkan jemaah calon haji (calhaj) Kutai Barat tiba dengan selamat di Bandara King Abdul Aziz, Jedah, Arab Saudi, Senin (22/7/2019) sekitar pukul 20.00 Wita.

Calhaj Kubar bertolak dari Kubar melalui jalur air Sungai Mahakam menggunakan KM Barokah berangkat dari Pelabuhan Melak, Sabtu (20/7/2019) sore dan tiba di Samarinda, Minggu (21/7/2019) pagi.

Selanjutnya menumpang 3 bus menempuh perjalanan ke Balikpapan dan tiba di Asrama Haji Batakan, Balikpapan sekitar pukul 12 siang.

Sampai di Embarkasi Haji Balikpapam. 96 calhaj asal Kubar langsung disambut Sekretaris Embarkasi H Abdul Kaliq dan dilakukan serah terima bersama Wakil Ketua PPIH Kubar H Muhammad Isnaini. Meski agak lambat dalam perjalanan tidak mengganggu saat pelaksanaan serah terima.

Rutinitas penerimaan sesuai prosedur dilakukan panitia haji Indonesia dimulai pengecekan kesehatan, pemberian gelang tanda pengenal, living cost, dan penerimaan paspor haji. Pada kesempatan ini Wakil Ketua PPIH Kubar H Muhammad Isnaini membantu calhaj dalam pemakaian gelang.

"Benda ini jangan sampai lepas dari calhaj mengingat tanda pengenal ini sangat penting untuk mengetahui indentitas mereka.

Jamaah Kubar nantinya tergabung dalam kelompok terbang (kloter) empat, bersama calhaj dari Samarinda, Balikpapan, Bontang, Kukar dan PPU jumlah 453 jamaah," kata Muhammad Isnaini, yang juga menjabat Kakan Kemenag RI Kubar ini.

Senin (22/7) sekitar pukul 03.00 calhaj berkumpul di Aula Jabar Nur untuk proses pemberangkatan, setelah melalui proses pemeriksaan dari PPIH baik paspor, dan living cost, serta pemeriksaan imigrasi, jemaaah calhaj diberangkatkan ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan menggunakan 10 Bus, dan selanjutnya terbang ke Jeddah Arab Saudi menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Ketua Rombongan Dedi Lesmana yang dihubungi melalui WhatsApp menjelaskan, selama dalam perjalanan di pesawat tidak ada kendala. Semua berjalan normal, kesehatan para jamaah terpantau baik, kalaupun ada yang mengeluh pusing kepala. Hal ini wajar karena capek di dalam pesawat, yang ditempuh dari Balikpapan-Jeddah kurang lebih 11 jam. (hms36)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved