GIIAS 2019

Mobil Rendah Emisi, Toyota Berusaha Pasarkan Prius PHEV dengan Harga Terjangkau

Terkait Toyota Prius sendiri, TAM sebenarnya sudah sempat memperkenalkannya di Indonesia pada 2009.

Mobil Rendah Emisi, Toyota Berusaha Pasarkan Prius PHEV dengan Harga Terjangkau
Tribunkaltim.co/Doan Pardede
Rio Haryanto berfoto bersama dengan Fransiscus Soerjopranoto (Executive General Manager PT TAM) dan Daisuke Itagaki (Senior Managing Coordinator TDEM) di lokasi test drive mobil Toyota hybrid di Q-Big BSD City, Tangerang, Banten, Jumat (19/7/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan akan menambah jajaran mobil rendah emisinya di Indonesia, yakni Prius Plug-in Hybrid Electrified Vehicle (PHEV).

Saat ini, kehadiran mobil tersebut tinggal menunggu persetujuan dari prinsipal Toyota di Jepang.

Demikian disampaikan Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM di Pameran Otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2019, Tangerang, Jumat (26/7/2019). Lewat diskusi itu pula, pihak TAM menginginkan harga jual Prius PHEV 'murah'.

"Saat ini, berdasarkan hitung-hitungan kami harganya diusahakan di bawah Rp 1 miliar," kata Anton.

Banderol tersebut dikatakan dia bisa lebih murah lagi apabila kebijakan kendaraan elektrifikasi dari pemerintah sudah diterapkan.

Sebagai bocoran, melalui aturan itu, Pajak Penjualan Atas Barang Mewah atau PPnBM mobil PHEV dan listrik penuh menjadi nol persen.

Menkeu Sri Mulyani Penasaran dengan Toyota Prius yang Terparkir Gagah, Teringat Toyota Prius di AS

Belum Diperkenalkan Secara Resmi, Namun Mobil Baru Toyota Hiace Sudah Mejeng di GIIAS 2019

"Maka ketika PPnBM terbaru sudah resmi dan ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi), harga Prius PHEV bisa turun lagi," ucap Anton.

Diketahui, dalam Peraturan Pemerintah (PP) tentang penyesuaian PPnBM baru dinyatakan kendaraan yang memiliki gas buang atau emisi dan konsumsi bahan bakar (carbon tax) rendah, pengenaan biaya PPnBM nya akan semakin rendah pula.

Inilah 9 Dress-Up Cars Toyota di GIIAS 2019, Cek Perubahan, Ada yang Unik pada Avanza, Veloz, Innova

Khusus kendaraan berkategori PHEV dan listrik penuh atau Battery Electrified Vehicle (BEV) semua tipe dibebaskan dari biaya PPnBM.

Hal ini dilakukan guna mempercepat penggunaan kendaraan rendah emisi dan merangsang produksinya.

Terkait Toyota Prius sendiri, TAM sebenarnya sudah sempat memperkenalkannya di Indonesia pada 2009. Jumlah penjualan selama satu dekade mengaspal di Tanah Air sekitar 2.100 unit.

"Kita fokus ke Prius PHEV, bukan yang Hybrid seperti beberapa tahun lalu. Prius Gen 4," kata Anton lagi.

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Upaya Toyota Jual Prius PHEV dengan Murah https://lipsus.kompas.com/pameranotomotifnasional2019/read/2019/07/27/154213215/upaya-toyota-jual-prius-phev-dengan-murah

Editor: Budi Susilo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved