Smartphone

Persaingan Vendor Smartphone di Indonesia, Xiaomi Terbesar Kedua Membayangi Ponsel Samsung

Tiga jenis inovasi yang marak digunakan di ponsel menengah, mulai dari notch (tengah), kamera selfie pop-up

Persaingan Vendor Smartphone di Indonesia, Xiaomi Terbesar Kedua Membayangi Ponsel Samsung
TribunKaltim.Co/Budi Susilo
Smartphone merajai di pasaran Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Ada pabrikan smartphone yang belakangan meroket posisinya di kancah persaingan smartphone Indonesia menurut pengamatan IDC yakni Xiaomi. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Tak seperti pasaran kelas atas yang hanya dikuasai segelintir pemain, segmen smartphone menengah-bawah memang jauh lebih hiruk pikuk.

Lomba inovasi mewarnai persaingan ketat di antara para pabrikan.

Di segmen ini, para vendor saling bersaing dalam hal spesifikasi dan harga untuk meningkatkan daya tarik ke konsumen. Aneka fitur baru diumbar, dari kamera selfie “pop-up” hingga pemindai sidik jari di layar.

Tiga jenis inovasi yang marak digunakan di ponsel menengah, mulai dari notch (tengah), kamera selfie pop-up (kiri), hingga pemindai sidik jari di layar.

Risky mengatakan konsumen Indonesia memang suka mengikuti perkembangan tren terbaru di dunia ponsel.

IDC, misalnya pernah mengadakan survei tahun lalu untuk mengetahui seperti apa animo masyarakat terhadap smartphone kekinian yang tampil dengan layar lebar berponi (notch).

Ternyata, menurut Risky, 70 persen responden survei menyatakan smartphone dengan notch tampil lebih modern dan up-to-date dibanding smartphone tanpa notch.

"Konsumen Indonesia lebih menyukai hal-hal baru. Selain spesifikasi, mereka juga kritis soal desain," jelasnya.

Senada dengan IDC dan Erajaya, para vendor sepakat bahwa mereka memang mengincar “kue” di segmen menengah pasaran smartphone.

PR Manager Oppo Aryo Meidianto mengatakan salah satu sebabnya adalah pasaran papan tengah dinamis, konsumennya bisa berasal dari segmen di bawahnya atau berpindah brand.

Halaman
123
Editor: Budi Susilo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved