Hari Mangrove Internasional

Susuri Kawasan Delta Mahakam dengan Kapal Wisata, Melihat Hutan Mangrove yang Mengalami Degradasi

Rombongan disuguhkan dengan ekosistem Mangrove, tidak jarang hewan seperti bekantan menampakan dirinya.

Susuri Kawasan Delta Mahakam dengan Kapal Wisata, Melihat Hutan Mangrove yang Mengalami Degradasi
Tribunkaltim.co, Heriani AM
ILUSTRASI - Kegiatan menanam pohon Mangrove. Anak SD antusias menanam Mangrove di Penajam Paser Utara dalam rangka Hari Mangrove Internasional pada Sabtu (27/7/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Organisasi Pemerintah daerah bersama organisasi non Pemerintah dan swasta yang erat kaitannya dengan kelestarian lingkungan terutama pada hutan mangrove menyelenggarakan peringatan Hari Mangrove Internasional.

Hari Mangrove internasional diperingati setiap tahunnya pada 26 Juli.

Kali ini, peringatannya dilakukan dengan menyusuri Sungai Mahakam, yakni menuju delta Mahakam, kawasan yang terdapat ekosistem Mangrove, dengan menggunakan kapal wisata Pesut Bentong, Sabtu (27/7/2019).

Pada peringatan hari Mangrove internasional tersebut, digelar sejumlah kegiatan di atas kapal, mulai lomba mewarnai dengan tema Mangrove yang diikuti murid taman kanan-kanak (TK), hingga pelajar menengah atas.

Selain itu, rombongan juga mendatangi Kutai Lama yang erat kaitannya dengan sejarah kerajaan Kutai. Disepanjang perjalanan menyusur Sungai Mahakam.

Rombongan disuguhkan dengan ekosistem Mangrove, tidak jarang hewan seperti bekantan menampakan dirinya.

Regional Director of Asia and Country Representatitve Planete Urgence Indonesia, Yuyun Kurniawan menjelaskan, kepanitiaan sengaja menyelenggarakan peringatan Hari Internasional Mangrove.

Caranya dengan melihat langsung hutan Mangrove di delta Mahakam, agar masyarakat dapat tahu dengan kondisi Mangrove saat ini.

"Supaya masyarakat bisa tahu dengan kondisi saat ini, makanya kita selenggarakan tidak di dalam ruangan, tapi naik kapal menyusuri sungai. Ini juga untuk edukasi masyarakat," jelasnya, Sabtu (27/7/2019).

INTERNASIONAL MANGROVE DAY - Organisasi Pemerintah Daerah bersama organisasi non Pemerintah dan swasta yang erat kaitannya dengan kelestarian lingkungan terutama pada hutan mangrove menyelenggarakan peringatan hari mangrove internasional, dengan menyusuri sungai Mahakam menggunakan kapal wisata Pesut Bentong, Sabtu (27/7/2019).
INTERNASIONAL MANGROVE DAY - Organisasi Pemerintah Daerah bersama organisasi non Pemerintah dan swasta yang erat kaitannya dengan kelestarian lingkungan terutama pada hutan mangrove menyelenggarakan peringatan hari mangrove internasional, dengan menyusuri sungai Mahakam menggunakan kapal wisata Pesut Bentong, Sabtu (27/7/2019). (TribunKaltim.Co/Christoper D)

Diperjalanan menyusuri Sungai Mahakam, peserta yang hadir juga diberi edukasi dengan diadakannya mini talk show membahas Mangrove.

Halaman
123
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved