Wakil Pemimpin Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar Terbang ke Indonesia

Delegasi Taliban yang dipimpin oleh salah satu pendiri sekaligus wakil pemimpin Mullah Abdul Ghani Baradar telah bertolak dari Qatar

Wakil Pemimpin Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar Terbang ke Indonesia
ANADOLU AGENCY via Tribunews
Wakil Pemimpin Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar 

TRIBUNKALTIM.CO - Delegasi Taliban yang dipimpin oleh salah satu pendiri sekaligus wakil pemimpin Mullah Abdul Ghani Baradar telah bertolak dari Qatar menuju Indonesia.

Diumumkan kelompok tersebut, pada Jumat (26/7/2019), kunjungan itu dalam rangka menghadiri Konferensi Ulama dan Cendekiawan Muslim yang akan dihadiri delegasi dari Afghanistan, Pakistan, dan Indonesia, di mana Jakarta akan menjadi tuan rumah agenda yang digelar akhir bulan ini.   

//

Kepastian kehadiran delegasi Taliban dalam konferensi itu sebagai jawaban atas dukungan yang terus ditawarkan pemerintah dan para cendekiawan Islam dari Indonesia.

Disampaikan juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahed, melalui media sosial, bahwa delegasi yang beranggotakan delapan orang itu akan dipimpin langsung oleh Baradar dan telah berangkat pada Jumat lalu.

"Selama perjalanan ini pembicaraan akan diadakan di tengah hubungan politik yang baik antara kedua negara, perdamaian dan pentingnya kerja sama masa depan dengan Afghanistan," kata Mujahed, dikutip Anadolu Agency.

Sebelumnya, Direktur Jenderal untuk Asia, Pasifik, dan Afrika di Kementerian Luar Negeri Indonesia, Desra Percaya, telah berkunjung ke Kabul, pada awal bulan ini sehubungan dengan agenda konferensi yang akan digelar di Jakarta.

Menurut Dewan Keamanan Nasional Afghanistan, perwakilan pejabat itu telah membahas kemitraan Indonesia dalam proses perdamaian, konferensi Ulama, serta dialog perempuan Indonesia, selama perjalanannya ke Kabul.

Sebelumnya di bulan Mei, Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Lestari, juga telah bertemu dengan Baradar di Doha, ibu kota Qatar.

Di tengah upaya percepatan proses perdamaian yang baru lahir, perang terus berkecamuk dan merengut semakin banyak nyawa di Afghanistan, dengan perang antara pihak-pihak yang saling bertikai.

Upaya pembicaraan damai lain juga tengah diupayakan Amerika Serikat dengan Taliban, namun menuai kritikan dari pemerintah Afghanistan yang merasa tidak pernah dilibatkan dalam proses perdamaian.

(*)

Masih Ingat Bocah Jersey Kantong Plastik Lionel Messi? Kini Nyawanya Terancam akan Dibunuh Taliban

Taliban Umumkan Pendiri Jaringan Haqqani Meninggal Dunia

Gencatan Senjata Idul Fitri Selesai, Taliban Langsung Lakukan Serangan 30 Tentara Afghanistan Tewas

Setelah 17 Tahun Perang, Taliban Bersedia Gencatan Senjata demi Idul Fitri

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wakil Pemimpin Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar Pimpin Delegasi ke Indonesia

 Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Petinggi Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar Diketahui Terbang ke Indonesia, https://www.tribunnews.com/internasional/2019/07/28/petinggi-taliban-mullah-abdul-ghani-baradar-diketahui-terbang-ke-indonesia.

Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved