Kaltim Juara Umum Kejurnas Layar di Jakarta, Modal Bagus Tatap PON Papua 2020

Bukan hanya berprestasi di tingkat nasional, atlet layar Kaltim juga sudah beberapa kali mewakili Indonesia di ajang-ajang internasional.

Kaltim Juara Umum Kejurnas Layar di Jakarta, Modal Bagus Tatap PON Papua 2020
HO
Seluruh atlet layar Kaltim dan official berfoto bersama usai keluar sebagai juara umum dalam Kejurnas di Jakarta, 22-28 Juli 2019 lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi) Kaltim keluar sebagai juara umum dalam event Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Layar yang berlangsung pada 22-28 Juli 2019 lalu di Ancol, Jakarta.

Dari total 30 peserta dari klub serta Pengprov seluruh Indonesia yang ambil bagian, atlet layar Kaltim sukses memboyong 7 medali emas, 3 perak, dan 1 perunggu.

Capaian ini menjadikan Kaltim sebagai juara umum dalam Kejurnas tersebut.

Menyusul tuan rumah DKI Jakarta dengan mengantongi 3 emas, 2 perak dan 2 perunggu, dan diurutan ketiga ada Provinsi Banten dengan perolehan 2 emas, 3 perak dan 2 perunggu.

Para perwakilan Kaltim yang sukses antara lain M. Abdul Sugianto dan Rahmat Aidil (INT.420 Putra), Dia Tri Utami dan Nurfatin Syafika (INT.420 Putri), Riski Rahmadani dan Nugie Triwira (Int.470 Putra), Farah Asima dan Nanda Rahayu (Int.470 Putri), Fitriyana (Laser 4.7 Putri), Regi Rio Valdo (Optimist Putra), Sarmila (Optimist Putri), M Farham (Laser 4.7 Putra), Nurfatin Syafira (RS: One Putri), Neni Marlini (RS:X Putri), dan terakhir Samsul (Laser Standar Putra).

Ketua Porlasi Kaltim, Teddy Abay melalui sambungan telephone, Senin (29/7/2019) mengatakan hasil tersebut merupakan raihan yang cukup baik, dan menjadi target awal yang akan di usung pada PON 2020 mendatang di Papua.

"Kan Kejurnas ini selain menjadi persiapan kami menuju PON, juga sekaligus menjadi entry point seleknas masuk tim Pelatnas SEA Games. Dari 5 atlet yang dicanangkan oleh pusat minimal 3 atlet dari Kaltim yang masuk untuk perkuat skuat layar SEA Games," jelasnya.

Dengan prestasi tersebut, Teddy berharap bisa menjadi patokan menuju PON nanti, serta para atlet tetap bisa mempertahankan peringkat tersebut.

Memang, cabang olahrga (cabor) layar merupakan salah satu cabor andalan Kaltim di ajang PON 2020 mendatang untuk mendulang medali nantinya.

Bukan hanya berprestasi di tingkat nasional, atlet layar Kaltim juga sudah beberapa kali mewakili Indonesia di ajang-ajang internasional.

Pada SEA Games 2019 di Filipina nanti, atlet kaltim akan berkontribusi kembali untuk Indonesia.

"Karena memang persiapan kami sudah jauh-jauh hari sejak pasca di PON 2016, pembinaan terhadap atlet rutin dilakukan. Sehingga, pada PON di Papua nanti kami target juara umum," serunya optimistis. (*)

Penulis: Imaduddin Abdur Rachim
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved