Kendaraan Listrik China, BYD Tertarik Bangun Pabrik di Indonesia

Salah satunya adalah produsen kendaraan listrik terbesar asal China, BYD, Bahkan mereka mengincar Indonesia sebagai basis produksinya.

Kendaraan Listrik  China, BYD Tertarik Bangun Pabrik di Indonesia
The Guardian
Ilustrasi - mobil listrik. 

TRIBUNKALTIM.CO-Pasar mobil listrik di Indonesia  mulai dilirik pabrikan mobil listrik luar negeri. Salah satunya adalah produsen kendaraan listrik terbesar asal China, BYD,   Bahkan mereka mengincar Indonesia sebagai basis produksinya.  

Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki potensi yang besar sebagai pasar kendaraan rendah emisi, di samping wilayahnya yang sangat strategis untuk melakukan ekspor ke Australia.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo) Yohannes Nangoi  mengatakan, mobil dari China (BYD) sangat berpotensi karena mereka mengejar opportunity di Indonesia.

Apalagi Indonesia sangat dekat dengan Australia, di mana pasarnya 1,2 juta tanpa ada pabrik mobil. Jadi seharusnya bisa ekspor dari Indonesia.

"Mereka juga mengincar Indonesia sebagai basis produksinya," tambah dia.

Namun Nangoi masih enggan mengungkapkan jenis kendaraan apa yang akan diproduksi oleh BYD.

Mengingat beberapa waktu lalu BYD juga ingin berkomitmen di bus operasional TransJakarta dan beberapa perusahaan bus lainnya.

"Harusnya mobil, karena BYD sangat kuat di mobil listrik. Tapi kita lihat saja nanti," kata Nangoi.

 Di samping itu, BYD baru saja menjalin kerja sama dengan Toyota Motor Corp (TMC) untuk memproduksi kendaraan listrik dan produksi baterai untuk pasar otomotif global lima tahun mendatang.

 Model kendaraan yang bakal diperkenalkan mulai tahun 2020 adalah sedan dan Sport Utility Vehicle (SUV).

Halaman
12
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved