Politeknik Negeri Balikpapan Gelar Pelatihan Mekatronika bagi Guru-guru SMK di Balikpapan

Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) kembali menggelar pelatihan Mekatronika bagi guru-guru sekolah menengak kejuruan (SMK) di Kota Balikpapan

Editor: Sumarsono
IST/HUMAS
Jurusan Teknik Elektro Poltekba menggelar pelatihan Mekatronika bagi guru-guru SMK di Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) kembali menggelar pelatihan Mekatronika bagi guru-guru sekolah menengak kejuruan (SMK) di Kota Balikpapan.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berlangsung tiga hari, 25 hingga 27 Juli 2019. Menurut Ketua Tim yang juga Dosen Teknik Elektro Poltekba Qory Hidayati, ST, MT, pelatihan bertajuk “Peningkatan Kompetensi Mekatronika bagi Guru SMK Balikpapan” dilaksanakan di Laboratorium Kendali Teknik Elektro Poltekba.

Sebanyak lima sekolah dari berbagai SMK di Balikpapan yang memiliki jurusan elektro mengirimkan gurunya untuk mengikuti pelatihan ini.

Pelatihan melibatkan tiga dosen Teknik Elektro sebagai instruktur, tujuh mahasiswa Teknik Elektro sebagai asisten instruktur dan satu orang laboran.

Pelatihan Toefl Poltekba di sMKN 4 Balikpapan
Pelatihan Toefl Poltekba di sMKN 4 Balikpapan (Istimewa/Humas Poltekba)

Qory Hidayati selaku Instruktur Utama mengatakan, pelatihan Mekatronika dengan PLC (Programmable Logic Controller) sekarang tidak hanya dibutuhkan mahasiswa Teknik Elektro saja tetapi juga oleh siswa SMK.

Para guru SMK perlu dibekali kompetensi terkait Mekatronika. Dari beberapa SMK yang mengukuti pelatihan ternyata beberapa SMK memiliki alat PLC, namun tapi tidak tahu cara menggunakannya sehingga belum dimaksimalkan untuk praktikum siswa.

"Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta pelatihan mampu memahami dasar PLC yang kemudian dapat membekali siswanya dalam otomatisasi proses industri," ujar Qory didampingi anggota Nur Yanti, ST, MT dan Nurwahidah Jamal, ST, MT.

Dosen Prodi Tata Boga Poltekba memberi pelatihan mengolah pepaya kepada petani di Karang Joang.
Dosen Prodi Tata Boga Poltekba memberi pelatihan mengolah pepaya kepada petani di Karang Joang. (IST)

Pelatihan terbagi tiga sesi materi. Sesi pertama diisi materi Logika Dasar, sesi II materi Sekuensial dan Internal Relay. Sesi terakhir diisi materi Latch, Timer dan Counter hingga kasus di industri.

"Keahlian ini diharapkan dapat membantu meningkatkan proses kegiatan belajar mengajar di SMK Balikpapan," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved