Kriteria Sekolah Ramah Anak di Loa Kulu Kukar, Toilet Harus Bersih Bila Perlu Ada Aroma Terapi

Adapun kriteria Sekolah Ramah Anak meliputi sarana pendukung dam Iingkungan. Tak ada hal yang membahayakan, seperti tanaman berduri yang membahayakan.

Kriteria Sekolah Ramah Anak di Loa Kulu Kukar, Toilet Harus Bersih Bila Perlu Ada Aroma Terapi
TribunKaltim.Co/Rahmad Taufik
Deklarasi Sekolah Ramah Anak di SDN 004 Loa Kulu ditandatangani bersama oleh Kasi Kurikulum dan Pengembangan Mutu SD Disdikbud Kukar M Agus Syarifudin, Sekretaris DP3A Kukar Abdul Hadi dan Kepsek SDN 004 Loa Kulu Sudirman Selasa (30/7/2019). 

TRIBUNKALTIM. CO, LOA KULU - SDN 004 Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara atau Kukar, Kalimantan Timur, mendeklarasikan eksistensinya sebagai sekolah ramah anak, Selasa (30/7/2019).

Deklarasi ini ditandatangani bersama oleh sejumlah guru, orangtua, murid, kepala sekolah, Dinas Pendididikan dan Kebudayaan (Disdikbud), serta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kukar.

Empat poin disampaikan dalam deklarasi ini, yakni menjadikan sekolah sebagai sarana pendidikan dengan pelayanan prima, aman dan nyaman.

Ini melaksanakan pembelajaran dengan kasih sayang tanpa kekerasan, menjamin kesehatan dan menghargai kesetaraan hak pendidik tanpa diskriminasi, dan menjadi sahabat dalam kebersamaan, bermartabat dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.

Kasi Kurikulum dan Pengembangan Mutu Pendidikan SD Disdikbud Kukar, M Agus Syarifudin mengemukakan, SDN 004 Loa Kulu menjadi sekolah ketiga sebagai Sekolah Ramah Anak, setelah 2 sekolah lainnya di Tenggarong.

Menurutnya, ada beberapa sekolah sudah siap dari sisi keamanan hingga kondisi kantinnya.

Sekolah Ramah Anak ini terkait dengan sekolah adiwiyata dan sekolah sehat.

Adapun kriteria Sekolah Ramah Anak meliputi sarana pendukung dan Iingkungan.

"Tidak ada hal yang membahayakan, seperti tanaman berduri yang membahayakan anak," ujar Agus.

Selain itu, lanjutnya, toilet harus bersih, kalau perlu ada aroma terapi, seperti daun pandan dan serai, kantin higienis.

YouTube Luncurkan Aplikasi Ramah Anak-anak

Halaman
12
Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved