Agrowisata

Agrowisata Kang Bejo Balikpapan, Urat Nadi Kehidupan Petani dan Daulat Kangkung di Tengah Perkotaan

Saminen bergelut dengan tanaman kangkung di Kang Bejo. Ceruk ekonomi Saminem begitu bergantung pada Kampung Kangkung Sumber Rejo ini

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pagi itu, Kampung Kangkung Sumber Rejo di Kecamatan Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur terlihat menggeliat. Lokasi Agrowisata Kampung Kangkung Sumber Rejo ini ramai aktivitas satu dua petani kangkung.

Saminem, terlihat sibuk panen kangkung di Kampung Kangkung Sumber Rejo atau Kang Bejo, Balikpapan, Kalimantan Timur, memetik beberapa tanaman panen yang siap dijual ke Pasar Pandansari Kota Balikpapan, Rabu (31/7/2019).

Saat bersua dengan Tribunkaltim.co, wanita berusia 65 tahun tersebut menyatakan, menjadi petani kangkung di Agrowisata Kang Bejo sangat menyenangkan.

Kesan selama ini, petani itu tidak bisa memberikan kesejahteraan, hanya sebatas semata cukup untuk menyambung hidup per hari. 

Kampung Kangkung Sumber Rejo, Kisah Sumber Kangkung Berkualitas, Memasok ke Penjuru Balikpapan

Banjir Mematikan Petani Kangkung, Pemkot Balikpapan Wajib Beri Solusi

"Saya sudah 10 tahun bertani disini, Kampung Kangkung Sumber Rejo. Lumayan penghasilannya per bulan. Yang penting rajin, ulet tak kenal menyerah, ada saja rezeki kita dapat dari Kampung Kangkung Sumber Rejo ini, jadi petani," ujar janda beranak dua ini.

Keberadaan Kampung Kangkung Sumber Rejo atau yang biasa disingkat dengan sebutan Kang Bejo ini jadi lokasi Agrowisata pertanian kangung. Ada puluhuan petani yang bergantung hidup pada Kampung Kangkung Sumber Rejo, Balikpapan ini.

Saminem pun per bulan rata-ratanya bisa meraup penghasilan hingga Rp 5 juta, dengan syarat kondisi pertanian kangkungnya tumbuh subur tidak diserang hama dan terjangan luapan banjir.

Saminem, petani di Agrowisata Kampung Kangkung Sumber Rejo atau yang biasa disingkat dengan sebutan Kang Bejo ini, di Sumber Rejo Dua, Kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Balikapapan Tengah, Kalimantan Timur pada Senin (29/7/2019) pagi.
Saminem, petani di Agrowisata Kampung Kangkung Sumber Rejo atau yang biasa disingkat dengan sebutan Kang Bejo ini, di Sumber Rejo Dua, Kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Balikapapan Tengah, Kalimantan Timur pada Senin (29/7/2019) pagi. (Tribunkaltim.co/Budi Susilo)

Kondisi areal Kampung Kangkung Sumber Rejo rawan banjir.

Kala hujan deras dan berhari-hari, Kang Bejo tertutup luapan banjir sebab kata Saminem, beberapa drainase yang berada di sekeliling Kampung Kangkung Sumber Rejo tidak memadai.

Begitu ada air deras volume banyak, air tumpah ke jalan dan masuk ke areal Kampung Kangkung Sumber Rejo.

Halaman
1234
Penulis: Budi Susilo
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved