Honda Monkey Gunakan Mesin Supra 125, Hanya Penambahan Kopling Manual

Sejak diluncurkan di ajang GIIAS 2019, motor ini mendapat perhatian dari para pencinta sepeda motor khususnya pencinta motor antik.

Honda Monkey Gunakan Mesin Supra 125, Hanya Penambahan Kopling Manual
TribunKaltim.CO/ HO/ Astra Honda Motor
Honda Monkey - Honda Monkey resmi meluncur di Indonesia dalam pameran GIIAS 2019. Motor ini dibanderol dengan harga Rp 65 juta OTR Jakarta. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA-Mungkin banyak yang belum tahu ternyata Honda Monkey yang diluncurkan PT Astra Honda Motor (AHM) di ajang GIIAS 2019 teryata memiliki kemiripan dengan bebek Supra 125.

Bahkan mesin yang digunakan Honda Monkey ini sama namun hanya ada penambahan kopling manual. Sejak diluncurkan di ajang GIIAS 2019, motor ini mendapat perhatian dari para pencinta sepeda motor khususnya pencinta motor antik.

Karena motor kecil ini meneruskan legenda motor mini Monkey yang diproduksi 58 tahun lalu. Motor bermesin 125 cc ini menarik perhatian para pemakai bebek Supra 125.

Ini karena memang mesin yang digunakan serupa hanya dengan penambahan kopling manual. “Honda Monkey persis menggungakan kopling manual seperti motor sport.

Contohnya dulu di Supra XX. Namun ada perbedaan di balancer (gigi primer). Mesinnya sama seperti yang digunakan C125,” ucap Technical Service Division AHM, Endro Sutarno saat ditemui beberapa waktu lalu.

Perbedaan lainya untuk urusan transmisi Monkey dan Supra XX adalah konstruksinya. Rumah kopling dan posisi kopling serta cara kerjanya sama. 

Mesin Monkey menghasilkan tenaga yang lebih besar yakni 9,25 tk pada 7.000 rpm dan torsi 11 Nm pada 5.250 rpm.

Pengabutannya sudah menggunakan PGM-FI dengan ukuran throttle body 24 mm dimana terdapat dua sensor yang terpisah yakni Idle Air Temperature dan Throttle Position.

“Hasilnya suplai bahan bakar lebih optimal ke ruang bakar. Ini sudah pakai teknologi terbaru, jadi apabila ada masalah di sektor itu indikator PGM-FI akan menyala,” ucap Endro.

Honda Monkey yang dibawa ke Indonesia sendiri lebih serupa dengan produk yang ditawarkan ke Eropa. Ini terlihat dari kode produksi Z125MA dengan kode khusus yakni ED/In yang menunjuk untuk pasar Eropa dan Indonesia. 

Untuk pasar lain punya kode U untuk Australia dan FO untuk Taiwan. Perbedaannya ada di fitur seperti Answer Back Buzzer yang tidak disediakan untuk Taiwan namun disediakan EVAP untuk menekan emisi gas buang.

“Soal perawatan sama seperti motor bebek dan sport. Tidak ada kesulitan untuk mekanik. Tapi perhatian khusus diberikan pada sensor IMU, selebihnya sama,” ucap Endro. (*)

Baca Juga

Honda Monkey Sudah bisa Dipesan, Syarat Cukup Bayar DP 5 Juta

Suzuki Ingin Keluarkan Skutik Adventure, Ingin Saingi Honda ADV 150

Selama GIIAS 2019, Honda ADV150 Terjual 1.802 Unit

Yamaha Aerox Facelift, Calon Pesaing Utama Honda ADV 150

Rangka Honda Genio Ringan dan Lincah, Kini Mulai Mengaspal di Jawa Barat

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Harga Mahal, Honda Monkey Ternyata Punya Basis Mirip Bebek Supra", https://otomotif.kompas.com/read/2019/07/29/105033315/harga-mahal-honda-monkey-ternyata-punya-basis-mirip-bebek-supra.

Editor: Samir Paturusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved