Nasdem: Jangan Terlena Anggaran Besar, Tahun Depan Belum Tentu Ada Lagi

Kabupaten Berau memiliki Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang melimpah untuk tahun 2019. Total mencapai Rp 3,4 triliun

Nasdem: Jangan Terlena Anggaran Besar, Tahun Depan Belum Tentu Ada Lagi
TribunKaltim.Co/Geafry Necolsen
DPRD dan Pemkab Berau menandatangani Perda APBD 2019 yang totalnya mencapai Rp 3,4 triliun. DPRD meminta agar Pemkab Berau mengoptimalkan PAD dengan membentuk perusda yang berorientasi pada keuntungan untuk meningkatkan PAD. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB -Kabupaten Berau memiliki Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang melimpah untuk tahun 2019. Total mencapai Rp 3,4 triliun setelah anggaran perubahan 2019.

Anggaran sebesar itu, mayoritas digunakan untuk membangun proyek-proyek Multi Years Contract (MYC), seperti rumah sakit, stadion, pembangunan sarana air bersih dalam kota dan membangun turap sepanjang Sungai Segah.

Sisanya digunakan untuk membayar hutang Pemkab Berau terhadap sejumlah proyek di tahun 2018 dan 2019 dan belanja oegawai yang begitu besar.

Untuk itu, Ahmad Rijal politisi Partai Nasdem mengingatkan, agar Pemkab Berau tidak terlena dengan APBD yang begitu besar.

Apalagi menurut Rijal, APBD Berau yang mencapai Rp 3,4 triliun itu, salah satunya karena besarnya Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa). Terutama silpa yang bersumber dari PSDH-DR yang hingga saat ini jumlahnya mencapai Rp 380 miliar.

"Kenaikan APBD karena silpa yang besar. Dana silpa di atas menunjukan efisiensi sesuai dengan kebijakan Kementerian Ekonomi.

Dan Kabupaten Berau meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Tapi pencapaian peningkatan APBD ini jangan sampai membuat Pemkab Berau terlena," tegas Rijal, Rabu (31/7/2019).

Menurut Rijal, meski APBD ini menjadi APBD terbesar dalam sejarah Kabupaten Berau, namun kondisi ini kemungkinan kecil terulang kembali.

"APBD 2019 lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya Rp 2,6 triliun. Tapi belum menjamin APBD Berau di tahun-tahun berikutnya akan lebih besar. Jangan terlena dengan anggaran yang besar, karena tahun depan belum tentu ada lagi," kata Rijal.

Karena itu, Fraksi Partai Nasdem menyampaikan masukan, agar Pemkab Berau mengambil terobosan, untuk meningkatkan PAD.

Halaman
12
Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved