Pasang Aki Tak Sesuai Spesifikasi? Ini Kerugian yang Bakal Dialami Pemilik Mobil

Tiap mobil punya spesifikasi aki yang berebda, baik dari ukuran sampai soal kapasitas ampere-nya. Kalau tidak sama dan asal pasang bisa merugikan

Pasang Aki Tak Sesuai Spesifikasi? Ini Kerugian yang Bakal Dialami Pemilik Mobil
(KOMPAS.com / Aditya Maulana)
Ilustrasi pemasangan aki mobil 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Aki menjadi salah satu komponen penting yang tak bisa diabaikan pada mobil. Meski tak lepas dari perawatan rutin, namun seiring penggunaannya, aki pada kendaraan juga bisa rusak dan habis.

Nah, saat akan mengganti aki baru, pemilik mobil dituntut untuk teliti sebelum membeli.

Paling utama jangan sampai luput melihat kode atau spesifikasi dari aki yang sebelumnya digunakan, karena bila berbeda maka banyak dampak negatif yang bisa merugikan.

"Tiap mobil punya spesifikasi aki yang berebda, baik dari ukuran sampai soal kapasitas ampere-nya. Kalau tidak sama atau asal beli dan memasang aki maka dampaknya malah mendatangkan masalah baru, bahkan bisa lebih merugikan," ucap Suparman Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, kepada Kompas.com, awal Juli lalu.

Menurut Suparman Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, bila aki baru yang dipasang tidak cocok atau berbeda spesifikasi dari yang seharusnya maka bisa mempengaruhi kinerja dari beberapa komponen kelistrikan pada mobil. Mulai dari lampu, sistem audio, bahkan sampai engine control unit (ECU).

Ini beberapa jenis aki mobil.
Ini beberapa jenis aki mobil. ((Kompas.com/Alsadad Rudi))

Beberapa jenis aki mobil.(Kompas.com/Alsadad Rudi)

Parahnya lagi, audio dan ECU juga bisa rusak akibat kapasitas aki yang tak sesuai dengan spesifikasi kendaran. Oleh karena itu, Suparman Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso menjelaskan baiknya membeli aki yang standar atau sesuai anjuran pabrikan.

"Jangan asal atau menebak. Untuk mengetahui kapasitas aki standar pada mobil dapat dilihat di buku manual. Lihat juga soal kodenya, seperti NS40Z dan lainnya. Setelah itu perhatikan soal tegangan atau volt-nya, jangan sampai lebih atau kurang dari yang telah ditentukan pabrikan," ujar Suparman.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Efek Negatif Pasang Aki Tak Sesuai Spesifikasi"

Baca Juga;

Halaman
12
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved