Alasan Polisi Akan Tertibkan Pembuat Pelat Nomor Pinggir Jalan

Jasa pembuat pelat nomor di pinggir jalan juga harus memiliki dasar ketika seseorang yang membuat pelat nomor yakni, harus melansirkan STNK dan BPKB

Alasan Polisi Akan Tertibkan Pembuat Pelat Nomor Pinggir Jalan
(istimewa)
Saat ini pelat nomor untuk kendaraan penumpang pribadi warna dasarnya hitam. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA -Pembuat pelat nomor di pinggir jalan harus minta pemesan menunjukkan STNK atau BPKB sebagai dasar pembuatan pelat nomor.

Pasalnya pelat nomor kendaraan hanya boleh dibuat aparat kepolisian.

Dalam waktu dekat aparat kepolisian akan menertibkan pembuat pelat nomor di pinggir jalan.

Menanggapi peristiwa pelat nomor palsu, Ditlantas Polda Metro Jaya berkoordinasi dengan Polres dan Polsek akan tertibkan jasa pembuatan pelat nomor di pinggir jalan.

Alasannya, sebagaimana dikatakan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir, pelat nomor atau tanda nomor kendaraan bermotor ( TNKB) hanya dikeluarkan oleh Korlantas Polri.

Sebab, pembuatan TNKB memiliki spesifikasi teknis (spektek) yang diatur dalam undang-undang.

"Jasa pembuat pelat nomor di pinggir jalan juga harus memiliki dasar minimal ketika ada seseorang yang membuat pelat nomor yakni, harus melansirkan STNK ataupun BPKB. Jika tidak ada dasarnya, harus ditindak," kata Nasir saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Rabu (31/7/2019).

"Karena kerap kali pengguna jasa membuat nomor kendaraan di luar untuk tujuan tertentu, tidak sesuai dengan STNK maupun BPKB. Sepktek-nya juga tidak sesuai," lanjut Nasir.

Inilah bentuk plat nomor yang diduga akan menjadi plat nomor kendaraan masa depan di Indonesia
Inilah bentuk plat nomor yang diduga akan menjadi plat nomor kendaraan masa depan di Indonesia (instagram.com/polantasindonesia)

Dalam Undang-undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan disebutkan, TNKB harus memenuhi syarat bentuk, ukuran, bahan, warna, dan cara pemasangan.

Aturan ini diperkuat kembali melalui Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perkapolri) Nomor 5 Tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

Halaman
12
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved