Awalnya Dapat Cibiran, Suzuki Thunder 125 Gebrak Segmen Sport

Saat pertama kali keluar, Suzuki Thunder 125 sempat dipandang sebelah mata.

Awalnya Dapat Cibiran, Suzuki Thunder 125 Gebrak Segmen Sport
TribunKaltim.Co/HO/Kompas.com
Suzuki Thunder 

TRIBUNKALTIM.CO-Saat pertama kali keluar, Suzuki Thunder 125 sempat dipandang sebelah mata. Sebab, motor sport sekelasnya tidak ada yang menggunakan kapasitas mesin 125 cc.

Memang, motor ini diposisikan sebagai motor di kelas low entry, karena saat itu masih belum banyak pemainnya.

Padahal saat itu, Suzuki di Indonesia sudah memiliki banyak motor andalan, termasuk  Thunder 125. Motor sport naked yang awalnya mendapat banyak cibiran ini ternyata malah bertahan dan memiliki ribuan loyalis di seluruh pelosok Indonesia. 

Awal Thunder 125 mengaspal di Indonesia, yaitu pada tahun 2004 hingga tahun 2015. Beberapa perubahan minor juga sudah dilakukan selama masa eksistensinya di pasaran, mulai dari tampilan luarnya hingga jeroan mesinnya.

Meski menggunakan mesin berkubikasi 125 cc, tapi Thunder 125 mampu mengeluarkan tenaga hingga 11,5 tk pada 9.000 rpm dan torsi 9.4 Nm pada 7.500 rpm.

Untuk transmisinya, Thunder 125 menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Tenaganya memang tidak besar, tapi berdasarkan pengakuan para penggunanya, mesin Thunder 125 cukup bandel.

Dengan masa produksi 12 tahun, Thunder 125 sudah memiliki ribuan loyalis di berbagai daerah. Salah satu komunitas dari Suzuki Thunder 125 yang bertahan cukup lama dan memiliki banyak anggota adalah Koster ( Komunitas Suzuki Thunder).

Reza Agis, Humas Koster, mengatakan, Koster sudah berdiri sejak tahun 2005 dan memiliki sekitar 27 chapter di Indonesia. Jumlah anggotanya juga mencapai ribuan orang.

"Saat ini jumlah anggota Koster ada sekitar 1.500 anggota yang terdaftar sebagai anggota resmi. Sementara untuk anggota yang belum resmi, jumlahnya bisa mencapai angka 3.000 orang," ujar Reza, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Reza menambahkan, Koster memiliki acara Gathering Nasional setiap tahunnya, sebagai tempat berkumpulnya seluruh anggota Koster.

"Koster saat ini juga menaruh perhatian di keselamatan jalan. Kita pernah membuat acara besar yang menghadirkan 5 Pilar Keselamatan Jalan, di kantor PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Pulogadung," kata Reza. (*)

Baca Juga

Suzuki Belum Berminat Produksi Motor Listrik di Indonesia, Padahal Pabrik Siap di Jepang

Suzuki Burgman Belum Meluncur, Suzuki DR 150 Sebentar Lagi

Suzuki Ingin Keluarkan Skutik Adventure, Ingin Saingi Honda ADV 150

Purpose Suzuki DR 150 Segera Dijual, NJKB Sudah Didaftar di Samsat Jakarta

Ternyata Hamish Daud Seorang Loyalis Suzuki, Waktu Kecil Sudah Bawa Suzuki Crystal dan Suzuki Jimny

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Thunder 125, Gebrakan Sukses Suzuki di Segmen Sport", https://otomotif.kompas.com/read/2019/07/31/185103615/thunder-125-gebrakan-sukses-suzuki-di-segmen-sport.

Editor: Samir Paturusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved