Disdik Upayakan Sedot Dana APBN Biayai Pembangunan Sarpras Sekolah di Kaltara

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Utara merehabilitasi gedung SMA Negeri 1 Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara

TribunKaltim.CO/Muhammad Arfan
Gubernur Kalimantan Utara saat meninjau pembangunan gedung laboratorium SMK SPP Malinau beberapa waktu lalu 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Utara merehabilitasi gedung SMA Negeri 1 Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.

Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Utara Sigit Muryono menargetkan rehab gedung SMA Negeri 1 ditargetkan selesai Desember nanti.

Ia mengatakan, rehabilitasi tersebut belum seluruhnya rampung. Mengingat ada beberapa tahap pembangunan yang akan dilaksanakan. Untuk tahap I ini, merehabilitasi ruang guru dan ruang kepala sekolah.

"Dibangun jadi tiga tingkat. Tahun selanjutnya kita upayakan melanjutkan pembangunan ruang-ruang kelasnya. Tahun ini kita anggarkan semampunya anggaran kita. Setiap tahun kita lakukan secara bertahap. Insya Allah tahun depan diprogramkan lagi," kata Sigit Muryono kepada Tribunkaltim.co, Kamis (1/8/2019).

Biaya rehabilitasi gedung SMA 1 Tanjung Selor mencapai Rp 18 miliar.

Sigit Muryono menjelaskan, di ibukota provinsi ini perlu gedung sekolah yang fisiknya lumayan bagus. Hal ini dalam rangka memenuhi salah satu standar pendidikan.

"Insya Allah selesai seluruhnya nanti dan bisa dipakai pada tahun ajaran 2022/2021," sebutnya.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Utara sebut Sigit terus berupaya mendapatkan pembiayaan bidang pendidikan di Kalimantan Utara dari APBN. Sebab, mengandalkan APBD saja, kapasitasnya masih minim.

"Jadi kita dorong dan berusaha mencari dana di APBN. Apalagi provinsi kan perwakilan pemerintah (pusat) di daerah. Jadi itu salah satu instrumen untuk kita dapatkan anggaran dari APBN," sebutnya.

Selain SMA 1 Tanjung Selor, ke depan Dinas Pendidikan Kalimantan Utara akan mengupayakan perbaikan dan peningkatan sarana dan prasarana SMA 8 Malinau yang mencakup ruang kelas, air, dan tempat ibadah.

Banyak sekolah-sekolah SMA di wilayah-wikakah perbatasan lanjutnya, pembenahan sarana dan prasarananya dibiayai menggunakan dana APBN.

"Tahun lalu kita juga membangun gedung praktikum SMK SPP Malinau, SMK 1 Tulin Onsoi, termasuk pengadaan alat praktikum di sekolah itu," ujarnya. (*)

Baca Juga

Permudah Perizinan dengan Sistem Online, DPMPTSP Kaltara Luncurkan PESONA

Ratusan Desa Sangat Tertinggal di Kaltara Naik Status, Dari 290 Desa Kini Tersisa 64 Desa

Mampu Angkut 24 Penumpang, Kaltara Terima Hibah 1 Unit Kapal Pelra dari Kemenhub

Polda Kaltim Serius Awasi Jalur Tikus Narkoba di Kaltim & Kaltara,.Atensi Khusus Bulungan dan Berau

Cegah Aparatnya Melakukan Korupsi, Gubernur Kaltara Terbitkan Dua Peraturan Ini

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved