Kaltim Miniatur Indonesia, Isran : Saya Akan Presentasikan Semua Senin di Istana

Gubernur Kaltim Isran Noor akan diundang Presiden RI Joko Widodo ke Istana Presiden, di Jakarta, Senin (5/8/2019) mendatang

Kaltim Miniatur Indonesia, Isran : Saya Akan Presentasikan Semua Senin  di Istana
Tribunkaltim.co/Nalendro Priambodo
Gubernur Kaltim Isran Noor 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Gubernur Kaltim Isran Noor akan diundang  Presiden RI Joko Widodo ke Istana Presiden, di Jakarta, Senin (5/8/2019) mendatang. Undangan tersebut disampaikan dengan tujuan, agar Gubernur Kaltim dapat mempresentasikan kesiapan Provinsi Kaltim apabila nantinya ditunjuk sebagai pusat pemerintahan.

“Kalau tidak ada perubahan, saya akan datang memenuhi undangan Pak Presiden untuk presentasi soal Kaltim di depan beliau. Nantinya, akan saya presentasikan semua tentang  Kaltim. Mulai dari lingkungannya, kesiapan rakyat Kaltim, serta sektor keamanannya. Semua kita akan jelaskan,” lanjutnya.

Melihat potensi Kaltim sendiri, Isran menyatakan, tidak ingin terlalu pecaya diri atas ditetapkannya Kaltim sebagai kandidat lokasi perpindahan pusat pemerintahan Indonesia.

Namun, Isran mengungkapkan, Kaltim merupakan miniatur Indonesia. Dimana, Kaltim memiliki apa yang ada di dalam Indonesia.

“Kaltim ini miniaturnya Indonesia. Berbagai macam suku, agama dan kelompok ada di Kaltim. Semua ada di sini (Kaltim). Tapi, kita tidak ingin membangga-banggakan hal itu,” papar Isran.

Ditanyakan soal keunggulan dan daya jual Kaltim sebagai lokasi pusat pemerintahan, Isran kembali menyatakan, tidak ingin sesumbar  dengan hal itu.

Sebab, ditegaskan Isran, apabila  ia lebih memunculkan hal itu maka akan mengecilkan daerah lainnya yang juga menjadi kandidiat perpindahan pusat pemerintahan.

“Tidak. Tidak ada yang saya unggul-unggulkan. Kalau kita seperti itu, maka nanti ada daerah ybag dikecilkan. Ya kita sampaikan dan jelaskan saja semuanya nanti.

Kalau soal penjelasan teknis, sudah lebih dahulu disampaikan,” lanjutnya lagi sembari menjelaskan sudah ada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mempresentasikannya lebih dahulu.

Melihat geografis Kaltim, dibeberkan Isran, memang Kaltim dinilai sangat strategis untuk dijadikan lokasi perpindahan pusat pemerintahan. Di Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto merupakan daerah yang lebih tinggi ketimbang darrah lainnya.

“Jadi, nantinya bukan malah merusak hutan  kalau ada ibukota negara di sana. Bukan berarti pula saya membanding-bandingkan Kaltim dengan daerah lainnya,” tuturnya. (*)

Baca Juga

Kawasan Tahura Bukit Soeharto Jadi Lokasi Ibukota, Bappeda Kaltim Sebut tak Merusak Hutan

Warga Kaget Lihat Ada Patok RI, Diduga Penanda Calon Lokasi Ibukota Negara

Janji Jokowi Atasi Kebakaran Lahan, Libatkan BNPB dan Aparat Hukum, Berdampak ke Pemindahan Ibukota

Ibukota Resmi Dipindah ke Kalimantan, Jusuf Kalla Singgung Kebakaran Lahan dan Lubang Tambang

Soal Pemindahan Ibukota Negara ke Kaltim, BTP Diminta Lobi Presiden Jokowi

Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved